Silsilah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Ada Raja yang Bangun Candi Borobudur!

Silsilah Kerajaan Mataram Kuno Lengkap, Ada Raja yang Bangun Candi Borobudur!

Travel | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 19:26
share

JAKARTA - Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindu yang mempunyai daerah kekuasaan di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mataram Kuno mempunyai nama lain yaitu Kerajaan Medang. Kerajaan ini diperintah oleh wangsa Syailendra dan wangsa Isyana.

Silsilah Kerajaan Mataram Kuno rupanya berhubungan dengan sejumlah kerajaan Hindu lainnya di Indonesia. Berdirinya Kerajaan Mataram Kuno awalnya tercatat dalam Prasasti Canggal yang dibuat pada tahun 732 Masehi.

Dalam prasasti itu dikisahkan, terdapat seorang raja yang memerintah Pulau Jawa bernama Sanna. Setelah Raja Sanna meninggal, kerajaan menjadi kacau. Dari sinilah cikal bakal Kerajaan Mataram Kuno mulai terbentuk.

Sepeninggal Raja Sanna, saudari perempuannya yang bernama Sannaha mendukung anaknya untuk mengambil takhta kerajaan. Anak Sannaha yang bernama Sanjaya atau Rakai Mataram ini menjadi pemimpin awal Kerajaan Mataram Kuno. Ia memimpin dari tahun 732 - 760 M.

Setelahnya, Raja Sanjaya atau Rakai Mataram digantikan oleh Sri Maharaja Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran memerintah dari tahun 760 - 780 M. Berbeda dari ayahnya yang memeluk agama Hindu-Siwa, Rakai Panangkaran menganut agama Buddha Mahayana. Rakai Panangkaran menikahi seorang perempuan dan dikaruniai anak bernama Rakai Panaraban. Nama gelarnya adalah Sri Maharaja Rakai Panunggalan Rakai Panaraban.

Rakai Panaraban melanjutkan ayahnya menjadi seorang raja. Rakai Panaraban atau Dharmmottungadeva memerintah Kerajaan Mataram Kuno dari tahun 780 - 800 M. Rakai Panaraban memiliki dua istri, salah satunya adalah Sri Kahulunan dan dikaruniai anak bernama Rakai Garung.

Sedangkan dari istrinya yang lain, Rakai Panaraban dianugerahi anak bernama Rakai Warak Dyah Mana. Kendati demikian, sejumlah catatan sejarah mengatakan bahwa terdapat perpecahan antara Kerajaan Mataram sepeninggal Rakai Panangkaran berkuasa.

Topik Menarik