Berikut Cara Turki Menstabilkan Lira yang Anjlok Selama Beberapa Tahun Terakhir

Berikut Cara Turki Menstabilkan Lira yang Anjlok Selama Beberapa Tahun Terakhir

Travel | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 17:26
share

IDXChannel Ada beberapa cara Turki untuk menstabilkan Lira yang mengalami penurunan nilai tukarnya selama beberapa tahun terakhir ini.

Seperti yang sudah diketahui bahwa mata uang Lira saat ini sedang mengalami penurunan nilai yang cukup tinggi. Saat artikel ini ditulis, nilai tukar Lira terhadap Rupiah hanya mencapai Rp856,50 untuk 1 Lira.

Cara Turki Menstabilkan Lira

Beberapa cara tentu dilakukan oleh Pemerintah Turki dalam menstabilkan Lira. Inflasi Lira yang berjalan selama beberapa tahun tersebut juga dipicu oleh perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina beberapa waktu lalu hingga saat ini. Berikut adalah beberapa cara Turki menstabilkan Lira yang perlu Anda ketahui:

1. Menerbitkan Obligasi Baru

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (10/06/22), Kementerian Keuangan menyebutkan akan menerbitkan obligasi domestik pendapatan pada 15 Juni. Bisa dibilang, ini adalah langkah pertama yang diambil oleh Pemerintah guna mengatasi pelemahan Lira tersebut.

Langkah tersebut memang diperlukan bagi Turki untuk menahan penurunan nilai tukar Lira terhadap Dollar Amerika. Kementerian Keuangan Turki mengatakan bahwa seluruh instrumen baru yang diadopsi akan sejalan dengan prinsip-prinsip pasar bebas dan rezim valuta asing liberal.

2. Insentif

Selain menerbitkan obligasi baru, Pemerintah Turki juga sempat memberikan insentif kepada warganya yang ingin mengkonversi tabungan valuta asing yang mereka miliki menjadi deposito dalam bentuk Lira.

Erdogan mengatakan bahwa warga Turki tidak perlu mengkonversi Lira ke mata uang asing lain selama masa inflasi berlangsung. Insentif yang diberikan oleh bank sentral Turki akan menutup selisih kurs saat warganya membuka deposito hingga jatuh tempo.

3. Memangkas Suku Bunga

Kebijakan terakhir yang menjadi cara Turki menstabilkan Lira adalah dengan memangkas suku bunga. Erdogan percaya bahwa suku bunga yang tinggi akan menghasilkan inflasi yang lebih cepat.

Ia terus mempertahankan suku bunga stabil di angka 14% setelah sempat memangkasnya dengan kumulatif 500 basis poin selama empat bulan terakhir di tahun 2021.

Itulah beberapa cara turki menstabilkan lira yang mengalami penurunan selama beberapa tahun belakangan ini.

Topik Menarik