Loading...
Loading…
Sejarah Masjid Luar Batang, Misteri Hilangnya Jasad Habib Husein saat akan Dikuburkan

Sejarah Masjid Luar Batang, Misteri Hilangnya Jasad Habib Husein saat akan Dikuburkan

Travel | indozone.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 09:26

Masjid Keramat Luar Batang atauMasjid Luar Batang adalahsalah satu destinasi wisata religi di Jakarta.Masjid Luar Batang yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara, selalu ramai didatangi jamaah.

Para jamaah yang datang enggak hanya berasal dari Jabodetabek tapi juga luar daerah lainnya. Selain untuk beribadah jamaah yang datang biasanya hadir untuk berziarah ke makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus. Masjid Luar Batang, Jakarta. (Jafriyal/IDZ Creators)

Habib Husein adalah seorang Arab Hadramaut yang merantau ke Indonesia melalui Pelabuhan Sunda Kelapa pada 1736. Hadramaut adalah salah satu daerah yang berada di Yaman.

Masjid Luar Batang dibangun Habib Husein pada abad ke-18. Masjid ini pun menjadi pusat penyebaran Islam di Indonesia hingga Asia Tenggara. Habib Husein juga adalah penentang pemerintahan kolonial Belanda di kawasan Sunda Kelapa. Masjid Luar Batang, Jakarta. (Jafriyal/IDZ Creators)

Kegigihannya menentang kolonialisme membuat dirinya merasakan kehidupan penjara. Sebagai orang yang diklaim banyak orang memiliki kelebihan spiritual, banyak legenda yang mengelilingi kehidupan Habib Husein. Salah satunya adalah ketika Habib Husein bisa keluar dari penjara tanpa diketahui pemerintah kolonial.

Baca Juga :
Wisata Religi : Menelusuri Masjid-masjid Tua Jakarta Yang Sarat Sejarah

Legenda kedua adalah penamaan Luar Batang. Namatersebut berasal saat Habib Husein ingin dimakamkan. Pasalnya jasad Habib Husein hilang dari keranda yang jamaah bawa. Tidak hanya sekali namun tiga kali. Makam Habib Husein di Masjid Luar Batang, Jakarta. (Jafriyal/IDZ Creators)

Kebingungan akan fenomena itu jamaah akhirnya bermufakat untukuntuk memakamkan Habib Husein di Masjid Luar Batang. Fenomena hilangnya jasad Habib Husein dari keranda atau kurung batang pun melegenda hingga disematkan ke dalam nama masjid.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini. IDZ Creators

Original Source

Topik Menarik

{
{