Lulusannya Menjanjikan! Ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Peminatnya di Indonesia

Lulusannya Menjanjikan! Ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Peminatnya di Indonesia

Terkini | sindonews | Rabu, 10 Juli 2024 - 11:30
share

Ini 5 jurusan kuliah yang disebut tersulit di Indonesia tetapi memiliki peminat besar. Memilih jurusan kuliah menjadi salah satu tahapan penting sebelum seseorang melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Banyak jurusan kuliah di Indonesia dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Dari sekian banyak jurusan, ada 5 jurusan kuliah yang disebut-sebut paling sulit di perguruan tinggi Indonesia tetapi memiliki peminat yang banyak karena dianggap memiliki peluang kerja menjanjikan. Jurusan apa saja? Mengutip laman akupintar, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia Tapi Prospeknya Menjanjikan

1. Kedokteran

Sudah bukan rahasia umum lagi jika jurusan kedokteran dikenal sebagai jurusan paling sulit untuk masuk dan lulusnya. Kedokteran disebut sulit karena pada jurusan mahasiswa akan belajar tentang biokimia, fisiologi, anatomi, farmakologi, patologi, hingga psikiatri. Kendati demikian, jurusan kedokteran masih menjadi salah satu jurusan favorit dan banyak peminatnya.

2. Teknik Informatika

Untuk masuk ke jurusan teknik informatika apalagi di universitas ternama tentu membutuhkan kerja keras. Pada jurusan ini nantinya mahasiswa akan belajar tentang analisis matematis dan ilmu komputer untuk men-design, develop, test, operation system, hingga mengevaluasi software, dan kerja komputer.

Baca juga:5 Jurusan Soshum yang Diprediksi Sangat Dibutuhkan di Masa Depan, Ilmu Komunikasi Paling Prospektif

3. Teknik Sipil

Selain teknik informatika, jurusan teknik sipil juga menjadi salah satu jurusan tersulit namun banyak peminatnya. Mahasiswa teknik sipil akan belajar banyak hal karena ruang lingkupu teknik sipil sangat luas.

4. Arsitektur

Arsitektur menjadi salah satu jurusan tersulit bahkan sering disebut “kembarannya” teknik sipil lho. Selain belajar tentang desain konstruksi bangunan, pada jurusan Arsitektur juga akan belajar bagaimana agar gagasan, konsep, dan desain yang dimilikinya dapat tertuang ke atas kertas.

5. Teknik Elektro

Meski tak seketat jurusan teknik lain, namun jurusan teknik elektro tak bisa disebut mudah. Teknik elektro juga dikenal sebagai induknya ilmu teknik sehingga tak perlu heran kalau jurusan ini masuk ke dalam 10 jurusan kuliah tersulit untuk dituntaskan.

Topik Menarik