25 Ribu Orang Singapura Positif Covid-19, Ramai Borong Alat Swab Mandiri!

25 Ribu Orang Singapura Positif Covid-19, Ramai Borong Alat Swab Mandiri!

Terkini | okezone | Selasa, 28 Mei 2024 - 15:02
share

KEMENTRIAN Kesehatan Singapura melaporkan 25.900 orang positif terinfeksi Covid-19 dalam periode 5 hingga 11 Mei 2024. Kenaikan kasus ini berdampak pada pembelian alat swab mandiri.

Menurut laporan Channel News Asia, jaringan klinik Unihealth mengabarkan bahwa pembelian alat tes Covid-19 mandiri banyak dibeli masyarakat, terlebih kasus sakit tenggorokan sedang banyak dikeluhkan masyarakat Singapura.

"Selain Covid-19, banyak orang Singapura sekarang ini menderita kondisi pernapasan akut seperti flu atau batuk," jelas laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (28/5/2024).

Karena itu, laporan dari Direktur Medis Unihealth dr Xie Huizhang mengatakan bahwa alat tes untuk Covid-19 atau influenza yang bisa dipakai di rumah mengalami peningkatan permintaan.

"Alat tes Covid-19 serta influenza mengalami peningkatan permintaan," katanya.

Bahkan, obat-obatan untuk sakit tenggorokan stoknya pun dilaporkan menipis saking banyaknya orang yang sakit tenggorokan.

"Sakit tenggorokan menjadi gejala paling umum dialami masyarakat Singapura yang sakit. Obat itu dicari untuk mengurangi demam, nyeri tubuh, dan menggigil," tutur dr Xie.

Dia memperkirakan gelombang infeksi ini akan berlanjut terus selama beberapa minggu ke depan. Terlebih, saat ini sudah mulai masuk momen libur sekolah dan banyak keluarga yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Orang-orang bepergian masuk dan keluar Singapura. Kemungkinan terjadi peningkatan kasus ISPA secara umum yang mana mungkin akan terus berlanjut dan mungkin berlangsung hingga pertengahan Juli," katanya.

Topik Menarik