Kisah Pilu Lina Medina, Ibu Termuda Sepanjang Masa yang Melahirkan di Usia 5 Tahun

Kisah Pilu Lina Medina, Ibu Termuda Sepanjang Masa yang Melahirkan di Usia 5 Tahun

Terkini | semarang.inews.id | Selasa, 28 Mei 2024 - 10:00
share

JAKARTA , iNewsSemarang.id - Kisah pilu sekaligus mencengangkan dialami seorang bocah perempuan berumur lima tahun di Peru. Pasalnya, balita bernama Lina Medina itu melahirkan di usia lima tahun yang menjadikannya sebagai ibu termuda sepanjang masa.

Kisah mengerikan itu terjadi di tahun 1939. Lina diketahui melahirkan seorang bayi laki-laki hingga disebut menjadi ibu termuda di dunia. Kekhawatiran mulai muncul ketika Lina, yang tinggal di desa terpencil di Andes, mulai mengalami pertumbuhan yang tidak biasa di sekitar perutnya.

Orang tuanya awalnya khawatir dia menderita tumor lantaran perutnya yang semakin membesar. Pada bulan April 1939, ibu Lina membawanya ke rumah sakit untuk menemui dr Grado Lozada untuk meminta bantuan. Kaget bukan kepalang saat sang ibunda mengetahui bahwa putrinya sedang hamil tujuh bulan.

Hal itu pun membuat ibunda Lina bertanya-tanya. Seolah tak mungkin seorang bocah lima tahun bisa mengandung bayi di dalam perutnya. Di tengah kebingungan itu, petugas medis mengungkap bahwa Lina memiliki kondisi langka yang disebut pubertas dini.

Ini merupakan kelainan yang membuat seorang anak mengalami pubertas pada usia muda yang tidak normal.

Merangkum dari Uniland, Selasa (28/5/2024) Lina dikatakan sudah mulai menstruasi bertahun-tahun sebelum melahirkan, dan ibunya mengatakan dia sudah menstruasi pada saat dia berusia tiga tahun.

Karena kondisi langka yang dialaminya, Lina telah mengembangkan organ seksual dewasa saat masih balita yang berarti secara fisik dia mampu untuk hamil pada usia yang begitu muda.

Lina melahirkan putranya yang sehat melalui operasi caesar dalam usia lima tahun, tujuh bulan. Bayi laki-laki itu diberi nama Gerado, diambil dari nama dokter yang menangani kasus Lina yang sangat tak biasa ini. Sosok yang menghamili Lina pun menjadi tanda tanya besar.

Awalnya, pihak berwenang meyakini pelaku yang memerkosa Lina adalah ayahnya sendiri, Tilburelo. Sang ayah pun ditangkap dan didakwa melakukan pelecehan seksual.

Nasib Pilu Lina Medina yang Terus Berlanjut

Setelah apa yang dia alami dan kisah pilu yang dirasakannya, Lina tetap hidup dalam nasib miris di masa tuanya. Kabarnya, Lina hidup dengan sedikitnya bantuan setelah apa yang dia lalui. Suami Lina, Raul mengatakan Raul mengatakan kepada Telegraph India bahwa Lina tinggal di rumah sempit di distrik miskin dan penuh kejahatan di Peru.

Bahkan, hingga kini tak diketahui apakah sosok Lina Medina masih hidup atau telah tiada. Namun, ceritanya yang disebut sebagai ibu termuda di dunia ini masih terus diperbincangkan publik. (Arni Sulistiyowati)

Topik Menarik