Mantan Bupati Kuningan Acep Purnama Meninggal Dunia, Ridwan Kamil Berduka

Mantan Bupati Kuningan Acep Purnama Meninggal Dunia, Ridwan Kamil Berduka

Terkini | inews | Kamis, 23 Mei 2024 - 17:07
share

BANDUNG, iNews.id - Mantan Bupati Kuningan dua periode, Acep Purnama meninggal dunia di RS Immanuel, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/5/2024). Acep meninggal pukul 12.00 WIB.

Ridwan Kamil, Gubernur Jabar periode 2018-2023 menyampaikan dukacita atas berpulangnya Acep yang merupakan sahabatnya itu.

Didampingi sang istri, Atalia Praratya pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga berdoa langsung di depan keranda jenazah Acep di RS Immanuel.

"Saya turut berduka atas berpulangnya sahabat saya, sahabat baik saya dalam membangun Jawa Barat, khususnya dari Kuningan. Pak Acep Purnama Bupati Kuningan, beliau Insya Allah husnul khatimah, saya bersaksi juga beliau orang baik," ujar Kang Emil.

Selama menjadi Gubernur Jabar, kata dia kerap berdiskusi dengan Acep terkait pembangunan Jabar, khususnya di wilayah Kuningan.

Sering berdiskusi informal, formal, membahas pembangunan Kuningan lah ya dan puncak persahabatan kami itu ya pada saat peresmian Alun-Alun Kuningan, menandakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Pemprov Jabar saat itu sangat-sangat harmonis," katanya.

Acep Purnama meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya. Sebelum meninggal, Acep sudah lama menjalani perawatan di RS Gatot Soebroto, Jakarta hingga akhirnya pindah berobat ke Bandung.

"Diagnosa dokter sementara itu (sakit) jantung. Lamanya (dirawat) di RS Gatot Soebroto, Jakarta. Baru dipindah ke sini kemarin-kemarin, beberapa hari lalu," kata sahabat Acep, Dani Toleng.

Acep Purnama dilantik menjadi Bupati Kuningan menggantikan Utje Choeriah Suganda pada sisa masa jabatan 2016-2018 dan kembali terpilih menjadi Bupati Kuningan pada pemilihan kepala daerah 2018 bersama Ridho Suganda.

Acep meninggalkan seorang istri yakni Ika Siti rahmatika, lima anak dan empat cucu. Acep pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD, Ketua DPRD periode 1994-1999, Wakil Bupati Kuningan tahun 2013-2016, Bupati Kuningan Tahun 2016-2018, dan Bupati Kuningan 2018-2023.

Selain jabatan politis, Acep Purnama juga dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang perhotelan dan perdagangan hasil bumi.

Topik Menarik