Cegah Pikun, 7 Minuman Ini Mampu Tingkatkan Daya Ingat

Cegah Pikun, 7 Minuman Ini Mampu Tingkatkan Daya Ingat

Terkini | jatenginfo.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 21:20
share

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Minuman untuk meningkatkan daya ingat bisa menjadi alternatif untuk membantu lebih fokus dan mencegah pikun. Manfaat ini didapat berkat kandungan yang ada di dalamnya karena menggunakan bahan dasar menyehatkan.

Seperti halnya antioksidan dan probiotik yang dapat mendukung fungsi otak. Menariknya, minuman ini tidak hanya meningkatkan daya ingat , tetapi juga sangat membantu fungsi kognitif.

Selain minuman, penting juga untuk memperhatikan pola makan yang seimbang, tidur yang cukup, dan aktivitas fisik yang teratur. Cara ini bisa menjaga kesehatan otak secara keseluruhan dan lebih optimal.

Minuman untuk Meningkatkan Daya Ingat 

Berikut minuman untuk meningkatkan daya ingat dilansir dari Web MD, Rabu (15/4/2024).

1. Kopi

Kafein dalam kopi membuat lebih waspada. Secangkir kopi juga dapat membantu Anda berkonsentrasi dan meningkatkan suasana hati ketika mengalami perasaan buruk. Ditambah lagi, peminum kopi seumur hidup memiliki risiko stroke dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

 

2. Teh Hijau

Jika Anda bukan peminum kopi, teh hijau adalah cara lain untuk mendapatkan kafein harian Anda. Seperti kopi, teh bisa membuat Anda merasa lebih waspada. Ini dapat membantu menghilangkan gangguan seperti rekan kerja yang berisik. Ada juga bukti bahwa teh hijau meningkatkan daya ingat dan perhatian.

3. Jus Berry

Masukkan beberapa blueberry, raspberry, blackberry, dan stroberi ke dalam juicer, atau campurkan ke dalam smoothie favorit. Bagaimanapun Anda meminumnya, buah beri adalah makanan otak. Mereka tinggi antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan. Buah-buahan ini juga merupakan sumber bahan kimia tanaman yang baik seperti anthocyanin yang mendukung memori yang sehat.

4. Kombucha

Penggemar minuman fermentasi bersoda ini mengklaim kombucha baik untuk kesehatan. Mulai dari tekanan darah tinggi hingga diabetes dan kanker. Kombucha adalah campuran teh hitam, gula, bakteri, dan ragi. Minuman sehat ini meningkatkan kekebalan dan menurunkan peradangan. Namun, pastikan Anda menyimpan minuman ini dengan benar dan menyimpannya di lemari es.

5. Smoothie Hijau

Hanya satu porsi sayuran hijau sehari dapat membantu memperlambat penurunan mental seiring bertambahnya usia. Bayam, kale, dan collard green kaya akan nutrisi ramah otak seperti folat dan lutein. Tetapi Anda tidak perlu memakannya dalam bentuk salad untuk mendapatkan manfaatnya. Campurkan 2 ons sayuran hijau dengan buah beri, pisang, dan es untuk suguhan yang kaya dan bergizi yang juga sarat dengan vitamin A dan C.

6. Teh Kunyit

Kunyit adalah bahan utama dalam banyak makanan, dan menambah rasa dalam teh. Kunyit telah menjadi bagian dari pengobatan China dan India selama berabad-abad. Berkat sifat anti-inflamasinya, kunyit berguna untuk masalah kulit, sendi, dan pencernaan. Para peneliti sekarang melihat efek perlindungannya pada otak, yakni meningkatkan daya ingat dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

7. Jus Bit

Bit adalah sayuran akar. Jus bit tinggi antioksidan yang melindungi dari zat merusak dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Ini juga memiliki nitrat yang mengendurkan pembuluh darah dan dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, risiko stroke dan demensia. Ditambah lagi, jus manis ini bisa membantu melawan kelelahan.

Topik Menarik