Kisah Inspiratif Brigpol Mardiani Putri Harahap Jadi Relawan Pendidikan bagi Anak Pedalaman Papua

Kisah Inspiratif Brigpol Mardiani Putri Harahap Jadi Relawan Pendidikan bagi Anak Pedalaman Papua

Terkini | medan.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 18:40
share

PADANGSIDIMPUAN, iNewsMedan.id - Kisah inspiratif Brigpol Mardiani Putri Harahap jadi relawan pendidikan bagi anak pedalaman Papua menarik untuk diketahui.

Personel Polres Padangsidimpuan yang akrab disapa Puput ini rela menjalani pengabdian mulia selama satu minggu demi berbagi ilmu dan pengalaman sebagai relawan pendidikan anak di Papua.


Kisah Inspiratif Brigpol Mardiani Putri Harahap Jadi Relawan Pendidikan bagi Anak Pedalaman Papua. (Foto: Istimewa)

Tak hanya itu, perempuan asal Kota Padangsidimpuan ini merupakan satu-satunya srikandi yang mewakili Polri jadi relawan ke Papua. Ia ditemani masyarakat sipil mewakili Provinsi Sumut menjadi relawan atau delegasi dalam ekspedisi bertajuk "Sapa Papua" ini.

Keduanya menjalani program yang diinisiasi oleh Yayasan Arah Pemuda Indonesia berkolaborasi dengan Kemenpora RI.

"Perjalanan pengabdian selama sepekan ini, kami lakukan bersama relawan lainnya di Kampung Friwen, Waisai, Raja Ampat, Papua Barat Daya," terang Puput, Rabu (15/5/2024).

Puput menceritakan pengalamannya di Papua mulai 6-13 Mei 2024. Selain membaur bersama masyarakat, sambungnya, para relawan menitikberatkan pengabdian pada pendidikan yang menyenangkan bagi anak murid SDN 4 Friwen.

"Selain berbagi ilmu pendidikan yang menyenangkan, kami berupaya membaur dengan masyarakat. Yakni, dengan tinggal bersama di Rumah penduduk bersama relawan lainnya," ungkap Puput.

Aksi Sosial Relawan di Papua

Puput juga mengaku bahwa relawan banyak melakukan aksi sosial. Hal itu berupa penyaluran donasi baju layak pakai, buku-buku, maupun mainan anak-anak.

"Selama sepekan, relawan aktif melakukan pendidikan di 6 Kelas yang ada di SDN 4 Friwen. Meski hanya ada 5 orang per Kelas, namun anak-anak saudara-saudara kita di Papua ini cukup antusias mendengar arahan pendidikan dari relawan," ujar Puput.

"Selain ilmu pendidikan, kami juga memberi motivasi, agar anak-anak Papua semangat dalam menggapai cita-cita. Bahkan, ada seorang anak yang pintar bernama Simon, yang mau jadi Polisi. Simon termotivasi, dengan hadirnya Polwan mendidik mereka," tambah Puput.

Kendati begitu, Puput merasa bangga menjalani pengabdian sebagai relawan di Papua. Ia mengaku sangat senang ketika terpanggil menjadi salah satu relawan mewakili Polri se-Indonesia untuk pergi ke Papua.

"Kami sangat senang, karena dapat pengalaman baru selama menjadi relawan ini. Dan kami juga bangga bisa terpilih jadi relawan ini. Meski harus melewati proses seleksi yang ketat, Alhamdulillah kami bisa terpilih menjadi relawan ke Friwen, Raja Ampat, Papua," terang Puput.

Puput juga mengaku awalnya agak sedikit ada rasa was-was meninggalkan dua orang anaknya bersama suami menjadi relawan di Papua. Mengingat, Papua masih cenderung rawan konflik dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hingga saat ini.

Meski begitu, Puput meyakini pengabdian kepada negara merupakan tugas utama sebagai insan Bhayangkara. "Kampung Friwen sangat indah. Di sini, juga terkenal sebagai lokasi daerah wisata," ungkap Puput.

Brigpol Puput Dapat Dukungan Keluarga

Menurut Puput, sang suami yang juga merupakan anggota Polri di Sat Intelkam Polres Tapanuli Selatan, sangat mendukung, keberangkatannya ke Papua. Begitu juga dengan orangtua dan anaknya yang juga mendukung serta rela untuk terpisah selama satu minggu.

Kata Puput, keluarga rela melepasnya menjadi relawan, karena tahu, jika ia akan melaksanakan pengabdian mulia bersama masyarakat dan anak-anak di Papua. Ia mengenang, selama mengabdi di Papua, sambutan masyarakat di sana sangatlah positif.


Kisah Inspiratif Brigpol Mardiani Putri Harahap Jadi Relawan Pendidikan bagi Anak Pedalaman Papua. (Foto: Istimewa)

"Terutama, anak-anak Papua. Sebab, anak-anak di Papua ini sangat senang melihat Polisi, sehingga tak heran banyak yang bercita-cita jadi anggota Bhayangkara," ucapnya.

Ucapan Terima Kasih kepada Kapolda Sumut

Terakhir, Puput mengucapkan terima kasih ke Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, atas dukungan maupun izin darinya sehingga bisa berangkat jadi relawan ke Papua. Ucapan terima kasih juga ia haturkan ke Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan.

Baginya, Kapolres Padangsidimpuan sebagai Pimpinan dan orangtua di satuannya, terus memberi motivasi dan masukan positif untuk mengabdi seluas-luasnya ke masyarakat. Dia juga ucapkan terima kasih kami ke Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Letnan Dalimunthe, bersama OPD lainnya.

"Karena, Bapak Pj Wali Kota turut mendukung maupun memfasilitasi keberangkatan kami dalam berkegiatan pengabdian di Kampung Friwen, Raja Ampat," tandasnya.

Topik Menarik