Tanggapan BMKG soal Getaran dan Gemuruh Mirip Gempa di Tempilang Bangka Barat

Tanggapan BMKG soal Getaran dan Gemuruh Mirip Gempa di Tempilang Bangka Barat

Terkini | inews | Rabu, 15 Mei 2024 - 17:00
share

BANGKA BARAT, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memberikan tanggapan terkait suara gemuruh dan getaran yang dirasakan oleh warga Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (15/5/2024). Pihak BMKG pusat sudah melakukan analisis terkait peristiwa itu.

Ketua Tim Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji memastikan tidak ada gempa bumi atau potensi tsunami di wilayah tersebut.

"Info yang kami terima dari hasil analisa Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, tidak ada gempa yang tercatat di wilayah Desa Air Lintang Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat," katanya, Rabu (15/5/2024) sore. 

Menurut Kurniaji, getaran dan suara yang dirasakan warga tersebut bukan berasal dari pergeseran daratan. Peristiwa tersebut bisa saja diakibatkan oleh aktivitas warga setempat.

"Getaran yang diakui dirasakan oleh penduduk di seputaran Desa Air Lintang bisa diakibatkan dari faktor lain, selain aktivitas seismik di daratan atau wilayah perairan sekitar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya. 

Sebelumnya, warga Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dihebohkan oleh suara gemuruh dan getaran, pada Rabu (15/5/2024) pagi. Warga setempat sempat berhamburan panik keluar rumah.

Kapala Desa Air Lintang, Ardian membenarkan adanya suara gemuruh dan disertai getaran seperti tanda-tanda akan terjadi gempa tersebut.

"Benar ada suara gemuruh dan getaran tadi sekitar pukul 8.00 WIB dan suara itu juga terdengar sampai ke Desa Simpang Yul (Simpang Tempilang) dan sekitarnya," kata Ardian.

Topik Menarik