Protes Tak Kebagian Kios, Warga Jombang Kali RW 01 Kota Cilegon Geruduk Kantor Bonakarta

Protes Tak Kebagian Kios, Warga Jombang Kali RW 01 Kota Cilegon Geruduk Kantor Bonakarta

Terkini | banten.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 16:30
share

CILEGON, iNewsBanten - Puluhan warga Lingkungan Jombang Kali, RW 01, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon geruduk Kantor Perusahaan Bonakarta, Rabu (14/5/2024) Pagi. 

Mereka menuntut pembagian kios atau area warung untuk dilakukan evaluasi. Ini setelah yang mendapat jatah kios justru rata-rata banyaknya orang luar alias bukan dari lingkungan warga terdekat.

"Kedatangan warga terdekat RW 01 ini sambil bernada protes kebijakan pembagian kios yang dinilai tidak transparan atau tertutup."

Setelah melakukan aksi sederhana sambil bernada protes mereka mengikuti Hearing atau rapat dengar yang dihadiri langsung oleh pihak manajemen/pengelola Bonakarta yakni Fauzi (pa Ozzi) dan H. Roni.

 

Wawan selaku Ketua Pemuda RW 01, mengatakan, pembagian kios dinilainya tidak transparan dan tidak adil. Dari 20 kios untuk Warga lingkungan RW 01, menurutnya tidak ter list untuk pedagang dan warga asli. 

Bahkan, ada beberapa persiapan untuk kios tersebut yang akan dihuni warga/pedagang luar, dan ternyata ada beberapa warga juga yang sudah mendaftar atas nama warga lingkungan Jombang Kali. 

"Lingkungan warga Jombang Kali RW 01 (warga terdekat, red) tersebut tidak kebagian jatah kios, dan menurut issu informasinya kios tersebut diduga akan disewakan oleh pihak pengelola kios sebesar Rp 300 ribu/bulan,” ujarnya.

Untuk itulah dia minta agar ada revisi terkait pembagian kios di kawasan Bonakarta tersebut, Selama ini, warga terdekat tidak dilibatkan dalam proses pembagian kios.

 

”Ternyata yang mendapat dari warga luar,” tegas dia lagi.

Menanggapi hal ini, Ketua RW 01 Nurdiansyah atau kang Udi sapaan akrabnya menyampaikan bakal menindaklanjuti terkait hal ini. Dan pembangunan kios ini untuk sementara distop dulu, agar ada kejelasan lebih lanjut oleh pihak pengelola dalam hal ini terkait pembagian kios untuk warga terdekat.

Tuntutan warga Hasil Audiensi dengan Pa Oji sapaan akrabnya dalam hal ini sebagai Pengelola Bonakarta.

"Pembangunan Kios sementara ini distop sebelum ada solusi yang terbaik untuk warga RW 01 Jombang Kali (warga sekitar, red). Warga meminta 100 yang berjualan di kios adalah warga RW 01 sebagai bentuk pemberdayaan UMKM Masyarakat warga RW 01 Jombang Kali,” tandasnya.

Ia menambahkan, berdasar rapat dengar sudah ada kesepakatan bahwa yang mendapat skala prioritas adalah pertama warga yang terdekat. Kedua, pedagang yang dulu sudah berjualan di sekitar lokasi kios itu, dan ketiga baru warga sekitar lainnya. 

”Apabila dari 20 kios itu masih ada, baru diberikan ke pedagang luar,” tegasnya.

 

Sementara itu, pihak pengelola Bonakarta (kios, red) pa Oji menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya miss komunikasi terkait hal pembagian kios yang diduga tidak adil.

"Awal kronologi terkait adanya pembangunan kios yang bertujuan niat baik, karena untuk menempatkan para pedagang dan sekaligus untuk menertibkan saja supaya lebih nyaman, dan juga kita membangunkan kios sebanyak 20 unit," katanya kepada iNews Banten.

”Pihak pengelola juga akan kaji ulang dan evaluasi, dan akan melakukan perubahan dalam pembagian kios untuk para pedagang warga sekitar khususnya untuk warga RW 01,” pungkasnya.

Topik Menarik