Meresahkan Warga Pesisir Sungai, Petugas Gabungan Tangkap Dua Buaya di Muara Badak

Meresahkan Warga Pesisir Sungai, Petugas Gabungan Tangkap Dua Buaya di Muara Badak

Terkini | kutai.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 14:00
share

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Petugas gabungan menangkap dua ekor buaya di Sungai Muara Badak, Kutai Kartanegara, dalam penyisiran yang berlangsung Selasa hingga Rabu (15/5/2024) dinihari.

Penangkapan yang dilakukan Petugas Damkar Kukar, tim BKSDA, aparat TNI/Polri itu menyusul keresahan warga akibat serangan buaya terhadap seorang nelayan yang sedang membersihkan kapal.

Sebelum dilakukan penangkapan, petugas sudah melakukan penyisiran dan terpantau puluhan predator di sepanjang sungai di Desa Muara Badak Ulu dan Muara Badak Ilir.

Berdasarkan data Damkar Kukar, penangkapan buaya pertama dilakukan pada pukul 01.00 WITA dan buaya kedua sekitar pukul 03.30 WITA. Kedua buaya dievakuasi ke atas perahu dan diamankan tim BKSDA.

Sebelumnya, seorang warga Desa Muara Badak Ulu, Anas (26) diterkam buaya pada Minggu (12/5/2024) sekitar pukul 09.00 WITA. Saat kejadian, korban berniat membersihkan perahunya sebelum melaut.

Namun, saat turun ke kapal, korban tidak menyadari kehadiran seekor buaya yang tiba-tiba muncul. Korban yang kaget berusaha lari sehingga buaya menerkam punggungnya.

"Korban diterkam saat hendak turun ke kapal. Beruntung korban sempat melawan dan lepas dari gigitan buaya," kata Kapolres Bontang AKBP Alex Frestian Lumban Tobing melalui Kapolsek Muara Badak AKP Gatot.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka cukup parah di bagian punggung dan belakang. Gigitan buaya yang diperkirakan sepanjang 2 meter mengakibatkan luka sepanjang 7 sentimeter dan korban mendapat 20 jahitan.

Topik Menarik