Gunung Ibu Meletus Siang Ini, Muntahkan Kolom Abu Setinggi 5.000 Meter

Gunung Ibu Meletus Siang Ini, Muntahkan Kolom Abu Setinggi 5.000 Meter

Terkini | inews | Rabu, 15 Mei 2024 - 12:44
share

BANDUNG, iNews.id - Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara kembali mengalami erupsi, Rabu (15/5/2024) pukul 13:54 WIT. Berdasarkan data laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), letusan gunung api aktif tersebut memuntahkan kolom abu setinggi kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau  6.325 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 4 menit 43 detik," tulis laman PVMBG, Rabu (15/2024).

PVMBG menyebut terdengar suara dentuman dan gemuruh sampai Pos Pengamatan Gunung Api (Pos PGA). Saat laporan sedang dibuat, erupsi masih berlangsung.

Saat ini, Gunung Ibu berada pada Status Level III Siaga dengan sejulah rekomendasi kepada masyarakat setempat.

5 Rekomendasi PVMBG akibat Erupsi Gunung Ibu:

1. Masyarakat sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 3 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

3. Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks) dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat agar selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

4. Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Ibu di Gam Ici untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Ibu.

5. Masyarakat, instansi pemerintah maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Ibu melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia dan media sosial PVMBG.

Topik Menarik