PKB Usung Kades Mojokrapak Warsubi Bakal Calon Bupati Jombang, Ini Alasan yang Jarang Diungkap

PKB Usung Kades Mojokrapak Warsubi Bakal Calon Bupati Jombang, Ini Alasan yang Jarang Diungkap

Terkini | surabaya.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 12:00
share

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah resmi mengusung Kades Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Warsubi, sebagai bakal calon bupati Jombang pada Pilkada serentak 2024 mendatang.

Ketua DPC PKB Jombang, Hadi Atmaji, mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil setelah Warsubi memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan oleh PKB. Salah satu syarat utama adalah penekanan pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jombang.

"Jika beliau terpilih menjadi bupati, 80 persen alokasi APBD akan dialokasikan untuk pembangunan desa, sementara 20 persen sisanya untuk kota. Ini sangat sejalan dengan misi PKB," ujar Hadi Atmaji dalam acara silaturahmi dan sosialisasi Calon Bupati Jombang di Aula Graha Gus Dur, kantor DPC PKB Jombang, pada Selasa (14/5/2024).

Selain itu, syarat penting lainnya adalah calon wakil bupati harus mendapat persetujuan dari para kiai kultural di Kabupaten Jombang yang dipimpin oleh KH Abdussalam Sohib, atau Gus Salam, pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar. 

"Pengajuan calon wakil bupati kami serahkan kepada beliau, namun harus disetujui oleh para kiai kultural,” tambah Hadi Atmaji.

Warsubi sendiri telah mengantongi sembilan usulan nama calon wakil bupati. Hadi menegaskan bahwa nama-nama tersebut akan diproses dan diputuskan oleh para kiai kultural di Jombang. 

"Untuk wakilnya, kami sami’na wa’atho’na kepada keputusan para kiai kultural yang dikomandoi Gus Salam,” ujarnya.

 

Warsubi, yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jombang, merasa sangat bersyukur atas dukungan ini. Menurutnya, PKB adalah partai pertama yang memberikan rekomendasi untuknya, sementara partai lainnya masih dalam proses, termasuk Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Golkar.

"PKB telah menginstruksikan kami untuk segera turun ke masyarakat. Kami sangat berterima kasih kepada DPP PKB yang telah memberikan rekomendasi ini," kata Warsubi.

Dengan turunnya rekomendasi dari PKB, jalan Warsubi untuk maju dalam Pilkada tahun ini tampak semakin mulus. Partai berlambang bola dunia ini mampu mengusung calon bupati dan wakil bupati secara mandiri dengan perolehan 12 kursi di DPRD Jombang.

"Untuk wakil bupati masih dalam proses. Belum bisa kami sampaikan sekarang. Pada saatnya pasti akan kami umumkan setelah mendapatkan rekomendasi dari semua partai koalisi," tutup Warsubi.

Topik Menarik