3 Doa Walimatul Safar Haji, Dibaca oleh Jamaah dan Keluarga yang Ditinggalkan

3 Doa Walimatul Safar Haji, Dibaca oleh Jamaah dan Keluarga yang Ditinggalkan

Terkini | okezone | Rabu, 15 Mei 2024 - 09:25
share

BACAAN doa walimatul safar haji dibahas lengkap Okezone Muslim dalam artikel berikut. Diamalkan oleh jamaah haji dan keluarga yang ditinggal.

Haji merupakan ibadah di Tanah Suci Makkah dan menjadi bagian dari Rukun Islam. Ibadah haji memiliki keutamaan yang sangat mulia.

Para ulama sepakat bahwa ibadah haji hukumnya wajib atau fardhu 'ain bagi mereka yang mampu. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Artinya: "Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS Ali Imran: 97)

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Artinya: "Wahai manusia! Sungguh Allah telah mewajibkan haji atas kamu sekalian, maka kerjakanlah haji." (HR Muslim)

Pergi haji sama dengan bentuk safar lainnya, sehingga sangat baik diiringi dengan membaca doa. berikut ini bacaan doa walimatul safar haji, sebagaimana dihimpun dari laman Rumaysho :

1. Doa jamaah yang pergi haji

Doa berikut ini dibaca oleh jamaah yang hendak pergi haji, ditujukan kepada orang yang ditinggalkan.

Arab latin: Astawdi'ukallaha alladzi laa tadhi'u wa daa-i'uhu .

Artinya: "Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya."

Dalilnya adalah:

- -

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pergi meninggalkanku dan beliau mengucapkan, " Astawdi'ukallaha alladzi laa tadhi'u wa daa-i'uhu (Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya)." (HR Ibnu Majah nomor 2825 dan Ahmad 2: 358. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan hadits ini shahih)

Topik Menarik