Pilkada Banjar 2024, Teka-teki PDIP Mencari Pendamping Nana Suryana

Pilkada Banjar 2024, Teka-teki PDIP Mencari Pendamping Nana Suryana

Terkini | ciamisraya.inews.id | Rabu, 15 Mei 2024 - 07:50
share

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Banjar, Nana Suryana mengatakan bahwa dirinya sudah dapatkan surat tugas untuk maju Pilkada 2024.

Nana mendapatkan surat tugas dari DPP PDI Perjuangan untuk maju di posisi Calon Wali Kota Banjar periode 2024-2029.

"Dari hasil penjaringan yang dilakukan PDIP, untuk Kota Banjar hanya keluar satu nama yaitu saya sendiri (Nana Suryana). Saya diberi surat tugas untuk maju menjadi Calon Wali Kota," kata Nana, Selasa (14/5/2024).

Meski demikian, PDIP Kota Banjar yang sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon kepala daerah ini hanya memberikan surat tugas untuk posisi calon wali kota saja.

DPP PDIP belum memutuskan siapa calon wakil wali kota yang akan mendampingi Nana Suryana untuk memeriahkan kontestasi lima tahunan di Kota Banjar ini.

Namun, Nana mengaku telah inten komunikasi dengan salah satu person dan beberapa partai politik. Akan tetapi hal itu masih ditutup rapat-rapat oleh dirinya.

"Surat tugas hanya diberikan untuk calon wali kota. Untuk putusan calon wakil wali kota, DPP menyerahkan kepada saya untuk menentukannya," kata dia.

Ia mengatakan dirinya kemarin dipanggil oleh DPP PDIP untuk membahas persiapan, baik terkait strategi politik, soal pasangan yang akan mendampingi hingga koalisi partainya.

"Kemarin saya dipanggil untuk persiapan, intinya soal pendalaman kesiapan untuk maju di Pilkada 2024, termasuk soal pasangan dan koalisi," ujarnya.

 

Sehingga dalam surat tugas ini, Nana juga tugaskan menentukan rekan person dan koalisi untuk maju di Pilkada Banjar 2024 tahun ini.

"Nanti setelah selesai lalu dilaporkan ke pusat. DPP PDIP sendiri memang sudah memahami kondisi politik di Banjar. Maka penentuan pasangan dan partai yang akan berkoalisi diberikan kewenangannya kepada DPC PDI di Banjar," kata Nana.

Politisi ini menyatakan bahwa PDIP Kota Banjar akan segera mendeklarasi sosok calon wakil wali kota yang akan menjadi pendampingnya di Pilkada 2024.

Nana juga menyatakan deklarasi itu akan dilakukan bersamaan dengan partai politik yang akan berkoalisi dengan PDIP di Pilkada Banjar.

"Untuk deklarasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini," ucapnya.

Sekarang, Nana mengatakan PDIP akan menjalankan tugas dulu untuk lebih intens berkomunikasi dengan person serta partai politik lainnya dan akan melakukan langkah-langkah persiapan seperti survei-survei.

"Kami akan menjalankan dulu tugas dari DPP untuk terus menjalin komunikasi dan kami juga akan melakukan survei dulu nanti awal Juni. Setelah persiapan itu selesai dalam waktu dekat pasti PDIP akan segera melakukan deklarasi," pungkasnya.

Topik Menarik