Sampah yang Sempat Menumpuk Kembali Diangkut Petugas DLH Kota Tasikmalaya

Sampah yang Sempat Menumpuk Kembali Diangkut Petugas DLH Kota Tasikmalaya

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 14 Mei 2024 - 20:31
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Tumpukan sampah di beberapa titik di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kersamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya mulai diangkut oleh petugas.

Pantauan di lokasi pada Selasa (13/5/2024), petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya terlihat sedang membersihkan tumpukan sampah yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Tumpukan sampah di sepanjang jalan protokol tersebut tidak diangkut selama lima hari, sehingga menimbulkan bau busuk dan berserakan.

Saat ditemui di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang berada tepat di depan dealer motor di Jalan Perintis Kemerdekaan, salah seorang petugas kebersihan dari DLH Kota Tasikmalaya, Hadis, membenarkan bahwa pengangkutan sampah di seluruh lokasi di Kota Tasikmalaya sempat terhenti.

"Ya, sempat terhenti selama 4 hari karena ada kendala teknis untuk pembuangan ke TPA Ciangir," kata Hadis kepada iNewsTasikmalaya.id.

 

Khusus untuk sampah yang menumpuk di Jalan Perintis Kemerdekaan, Hadis menyebut petugas mulai membersihkan tumpukan sampah sejak pukul 07.30 WIB.

"Sekarang kami sedang mengangkut sampah. Kami mulai pukul 07.30 WIB sesuai jam kerja. Di sini pengangkutan biasanya dilakukan setiap hari Selasa," jelasnya.

Dalam sehari, Hadis mengaku bahwa sampah yang diangkut dari Jalan Perintis Kemerdekaan mencapai 12 kubik.

"Sehari mencapai 12 kubik, dari dua armada. Satu armada menampung enam kubik," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) DLH Kota Tasikmalaya, Fery Arif Maulana, menambahkan bahwa pengangkutan sampah sudah kembali normal. "Insya Allah sudah mulai normal kembali," kata Fery melalui pesan WhatsApp.

Dia juga menyebut bahwa petugas dari DLH Kota Tasikmalaya sedang membersihkan sampah di TPS liar. "Sampah di TPS liar pun kami bersihkan hari ini," pungkasnya.

 

Topik Menarik