Tim Dosen Polije Kenalkan Pemanfaatan AI Dalam Proses Pembelajaran

Tim Dosen Polije Kenalkan Pemanfaatan AI Dalam Proses Pembelajaran

Terkini | jember.inews.id | Selasa, 14 Mei 2024 - 18:50
share

JEMBER,iNewsJember.id-Perkembangan teknologi semakin massive belakangan ini. Salah satu perkembangn terbaru dan sedang banyak diapliksikan adalah AI (Artificial Technology). Pemanfaatan AI dalam dunia pendidikan juga merupakan hal yang menjadi perhatian. Sayangnya penguasaan AI ini belum banyak ditemukan yang juga berdampak pada kurangnya pemanfaatan.

PenggunaanAIdalam dunia akademik dan pendidikan menawarkan potensi manfaat besar, seperti Peningkatkan efisiensi dalam pembelajaran, memberikan dukungan individual bagi siswa, dan membantu pengajar dalam memberikan pembelajaran yang lebih personal.

Tim Pengabdian Masyarakat yang beranggotakan Dosen Program Studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember (Polije) menilai bahwa masih banyak sekolah setingkat SMA/SMK yang belum memanfaatkan teknologiAIdalam kegiatan pembelajaran di sekolah mereka. Selain keterbatasan tenaga pengajar, instrumen hardware dan software AI juga menjadi bahan evaluasi. Padahal AI sangat bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran mereka terutama dalam pelajaran Bahasa Inggris.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata yang diketuai oleh Nila Susanti, S. S., M.bPd. menginisisasi program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menwulis Karangan Deskriptif melalui PelatihanAIBagi Siswa Kelas X Jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Jember.

Lulusan SMK atau sekolah kejuruan adalah lulusan yang diharapkan bisa siap kerja dan berwirausaha karena sudah dibekali dengan berbagai keterampilan, misal kemampuan berbahasa asing yang penting dalam lingkungan kerja global saat ini, tuturnya mengenai pemilihan SMK untuk program pengandian ini.

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif dengan memanfaatkan teknologiAIguna meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis sebuah karangan deskriptif.

Pengabdian ini akan memanfaatkan penggunaanAIdalam dunia akademik dan pendidikan khususnya dalam peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif secara etis dan bertanggung jawab. Pelatihan ini diadakan dengan mengkombinasikan beberapa metode yaitu metode ceramah, demonstrasi, simulasi dan diskusi. Pelatihan ini mampu memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman untuk memanfaatkanAIdalam menulis karangan deskrptif bagi siswa.

Diharapkan dengan dilaksanakan pelatihan ini, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskriptif akan meningkat dan bermanfaat bagi peningkatan nilai Ujian Nasional di masa akan datang.

Kegiatan program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Politeknik Negeri Jember ini diharapakan dapat memberi manfaat bagi siswa SMKN 1 Jember dalam mengembangkan kemampuan berbahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris bidang Desain Komunikasi Visual, tandasnya.

Topik Menarik