Penampakan Fortuner Maut Usai Terjun ke Jurang di Gunung Bromo, Ringsek Nyaris Tak Berbentuk 

Penampakan Fortuner Maut Usai Terjun ke Jurang di Gunung Bromo, Ringsek Nyaris Tak Berbentuk 

Terkini | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 16:08
share

MALANG, iNews.id - Mobil Toyota Fortuner maut yang kecelakaan di kawasan Gunung Bromo, Malang, berhasil dievakuasi, Selasa (14/5/2024). Mobil dengan nomor pelat B 1693 TJG itu dievakuasi petugas bersama warga.

Evakuasi mengerahkan mobil derek. Pantauan di lokasi, tampak jurang tempat mobil yang jatuh cukup dalam, sehingga menyulitkan proses evakuasi. 

Petugas dibantu warga, harus turun ke bawah untuk mengaitkan tali seling baja dari mobil khusus, yang dikerahkan ke lokasi kejadian di jalan ke arah permukiman Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo.

Tali seling itu juga ditarik bersama-sama secara zig-zag oleh warga, untuk menghindari beban dari mobil. Perlahan-lahan mobil Toyota Fortuner itu berhasil diangkat ke atas jalan, dari jurang sedalam 80 meter.

Terlihat mobil Toyota Fortuner itu ringsek dan hancur nyaris tak berbentuk. Kap mesinnya ringsek menjorok ke dalam. Sementara beberapa bagian bodinya ada yang berceceran di sepanjang lokasi kejadian.

Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengatakan, proses evakuasi mobil dari jurang melibatkan kendaraan khusus untuk mengaitkan tali seling baja ke mobil. 

"Ini untuk proses penarikan menggunakan tali sling, tali yang terbuat dari baja. Karena posisi kendaraan saat ini berada di tepi jurang," ujar Adis Dani Garta, Selasa siang (14/5/2024).

Dia menjelaskan, posisi mobil terperosok ke jurang sedalam 80-100 meter dari jalan permukiman warga yang mengarah Dusun Jarak Ijo. Jalan tersebut merupakan jalur alternatif, sementara jalur utama, Jalan Raya Ngadas-Gubugklakah, Poncokusumo, berada di atasnya.

"Kita sama-sama dibantu oleh warga sekitar, sehingga untuk waktu evakuasi bisa cepat sekitar dua jam. Posisi kendaraan dari jalur permukiman warga ini kurang lebih kedalamannya mencapai 80 - 100 meter," ucapnya.

Diketahui mobil Toyota Fortuner tersebut berpenumpang sembilan orang mengantarkan pernikahan dari Lumajang, warga berdomisili di Gondanglegi, Kabupaten Malang. Mobil itu kecelakaan pada Senin (13/5/2024) pukul 18.00 WIB.

Topik Menarik