Penyebab Jalan Yos Sudarso Jakut Macet Parah, Imbas Kebakaran di Pelabuhan Tanjung Priok

Penyebab Jalan Yos Sudarso Jakut Macet Parah, Imbas Kebakaran di Pelabuhan Tanjung Priok

Terkini | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 16:13
share

JAKARTA, iNews.id - Kemacetan parah terjadi di Jalan Sulawesi dan Jalan Yos Sudarso menuju Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (14/5/2024) pagi. Antrean kendaraan terjadi imbas kebakaran kontainer di New Priok Container Terminal One (NPCT 1) Pelabuhan Tanjung Priok.

Kebakaran itu mengakibatkan antrean truk kontainer yang hendak memasuki area pelabuhan mengular ke ruas jalan di sekitarnya.

"Kemacetan ini merupakan dampak dari kebakaran kontainer yang ada di NPCT 1 tadi malam. Karena ada kebakaran itu sehingga antrean truk kontainer yang mau masuk ke pelabuhan menjadi mengular, apalagi dibarengi dengan jam berangkat kerja tadi pagi," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Edy Purwanto kepada iNews.id, Selasa (14/5/2024).

Edy mengatakan kemacetan yang terjadi tidak separah sebagaimana dalam video viral di media sosial. Menurutnya, kemacetan di Jalan Yos Sudarso diperkirakan hanya sepanjang 200 meter.

"Macetnya tidak panjang, yang dari arah Jalan Yos Sudarso itu paling-paling di pos 8, di lampu merah itu, paling-paling cuma ya 100-200 meter," kata Edy.

Pada arah sebaliknya, kemacetan hanya terjadi sepanjang 500 meter. Kemacetan yang dari arah Cilincing itu disebabkan antrean truk kontainer yang hendak masuk ke pelabuhan.

"Kalau dari arah Cilincing itu kurang lebih sekitar 300-500 meteran, tapi ini kan antrean gantian masuknya ke pelabuhan," tutur Edy.

Dia pun memastikan lalu lintas di Jalan Sulawesi, Yos Sudarso dan Cilincing sudah lancar kembali.

"Situasi lalin saat ini sudah lancar, baik yang mengarah ke pos 9 Pelabuhan atau pun yang mengarah ke Cilincing. Namun untuk kendaraan yang hendak masuk ke NPCT 1, masih ada antrean kendaraan," terang Edy.

Berdasarkan informasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakut, kebakaran kontainer di pelabuhan NPCT 1 terjadi pada Selasa sekitar pukul 00.48 WIB dan padam pukul 04.00 WIB. Insiden itu membuat pintu masuk kontainer mengalami kerusakan.

Sampai saat ini, belum ada informasi jelas perihal penyebab maupun dampak kebakaran tersebut.

Topik Menarik