Tim Dosen Polije Beri Pelatihan ESP Kepada Siswa di SMKN 1 Jember

Tim Dosen Polije Beri Pelatihan ESP Kepada Siswa di SMKN 1 Jember

Terkini | jember.inews.id | Selasa, 14 Mei 2024 - 16:20
share

JEMBER,iNewsJember.id- Tim pengabdian masyarakat yang merupakan dosen Program Studi Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata, Politeknik Negeri Jember melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan sumber dana mandiri di SMK Negeri 1 Jember yang beralamat di Jl. Jambu No.17, Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang, Jember. Tim ini terdiri dari lima orang, yaitu Vigo Dewangga, S.S., M.Pd., sebagai Ketua Pengabdian, sementara empat lainya sebagai anggota yakni Enik Rukiati, S.Pd., M.Pd., Nodistya Septian I., S.S., S.Pd., M.Pd., Renata Kenanga Rinda, S.Pd., M.Pd., dan Yuslaili Ningsih, S.Pd., M.Pd.

Tim pengabdian masyarakat ini mengadakan pelatihan dan pendampingan English for Specific Purposes (ESP) bagi siswa kelas X, Jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang, Jember. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari kelas X, Jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Jember.

Adapun latar belakang kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa SMKN 1 Jember masih mempelajari bahasa Inggris secara umum, mereka belum mendapatkan pelajaran bahasa Inggris khusus yang sesuai dengan bidang Jurusan Desain Komunikasi Visual. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang English for Specific Purposes (Visual Communication Design) dan mengembangkan serta mengaplikasikan bahasa visual disertai dengan gambar, termasuk bermain kata-kata yang diolah secara efektif, informatif, dan komunikatif pada siswa SMKN 1 Jember. Fokus pengabdian masyarakat ini, yaitu English for Specific Purposes, khususnya English for Specific Purposes dalam bidang Visual Communication Design.

Vigo Dewangga, S.S., M.Pd., selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, mengungkapkan bahwa SMK adalah sekolah kejuruan yang dalam hal ini diharapkan lulusannya sudah siap kerja dan berwirausaha sehingga dengan mempunyai keterampilan berbahasa dapat menjadi bekal dalam berkompetisi di dunia kerja.

“Lulusan SMK atau sekolah kejuruan adalah lulusan yang diharapkan bisa siap kerja dan berwirausaha karena sudah dibekali dengan berbagai keterampilan, misal kemampuan berbahasa asing yang penting dalam lingkungan kerja global saat ini,” tutur Vigo.

Ada beberapa hal yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Jember. Pada hari pertama, kegiatan ini diawali dengan pemaparan oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat tentang pengertian English for Specific Purposes (Visual Communication Design) dan jenis desain komunikasi visual agar siswa SMKN 1 Jember mampu untuk mengimplementasikan kemampuan bahasa Inggris dalam bidang desain komunikasi visual baik secara verbal, visual maupun tekstual. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan siswa SMKN 1 Jember oleh tim pengabdian masyarakat. Para peserta melakukan praktik yang dipandu dan didampingi oleh tim pengabdian masyarakat dengan menjelaskan beberapa gambar yang ditentukan oleh tim pengabdian masyarakat secara acak. Selanjutnya, tiap-tiap peserta menjelaskan gambar yang sudah diambil dalam bahasa Inggris.

Pada hari kedua, dilaksanakan pelatihan mengaplikasikan bahasa visual yang diolah secara efektif, informatif, dan komunikatif. Menurut Enik Rukiati, S.Pd., M.Pd., selaku Anggota Tim Pengabdian Masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat berdampak bagi para peserta, yaitu siswa SMKN 1 Jember dalam mengembangkan kemampuan dan mengolah bhs Inggris dalam bidang Desain Komunikasi Visual.

“Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diharapakan dapat memberi manfaat bagi siswa SMKN 1 Jember dalam mengembangkan kemampuan berbahasa dalam hal ini bahasa Inggris bidang Desain Komunikasi Visual,” jelasnya.

Sejalan dengan harapan tim pengabdian masyarakat, Hj. Sri Hartatik, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Jember, juga mengharapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa membantu siswa SMKN 1 Jember dalam mengembangkan kemampuan berbahasa untuk bisa menjadi bekal setelah lulus nanti.

“Kegiatan program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Politeknik Negeri Jember ini diharapakan dapat memberi manfaat bagi siswa SMKN 1 Jember dalam mengembangkan kemampuan berbahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris bidang Desain Komunikasi Visual,” tandasnya.

Topik Menarik