Pria Diamankan Paspampres saat Hampiri Jokowi di Konawe, Ini Penjelasan Istana

Pria Diamankan Paspampres saat Hampiri Jokowi di Konawe, Ini Penjelasan Istana

Terkini | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 15:46
share

JAKARTA, iNews.id - Istana menjelaskan peristiwa seorang pria yang diamankan Paspampres saat mencoba mendekati Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (14/5/2024). Insiden itu terjadi saat Jokowi berkunjung ke Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe.

"Ada Masyarakat yang ingin mendekat dari belakang Presiden RI di saat beliau (Jokowi) sedang memberikan Keterangan pers resmi kepada media di depan Lobby RSUD Konawe Kabupaten Konawe," kata Plt Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana dalam keterangannya, Selasa (14/5/2024).

Menurut dia, Paspampres dengan sigap mengamankan pria berbatik cokelat tersebut. Aksi itu agar Jokowi tak terganggu saat memberikan keterangan pers.

"Tentu Paspampres dengan cepat mencegah orang tersebut dengan tujuan agar tidak menggangu Bapak Presiden yang sedang memberikan keterangan pers," kata Yusuf.

Tim Pengamanan, kata Yusuf, telah menanyakan secara baik-baik tujuan pria itu menghampiri Jokowi. Terungkap, pria itu ingin menyampaikan aspirasi terkait permasalahannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Konawe.

"Ternyata yang bersangkutan ingin menyampaikan masalah Kepegawaiannya sebagai PNS di Kabupaten Konawe," kata Yusuf.

Dia mengatakan, Sekretariat Kepresidenan sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi pada pria tersebut.

"Alhamdulillah, kunjungan kerja Presiden RI dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Kami sangat menghargai dan berterima kasih atas sambutan masyarakat Sulawesi Tenggara yang sangat antusias, dan juga kami ucapkan terima kasih juga kepada jajaran pengamanan yang sangat bersahaja dalam melakukan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI selama di Provinsi Sulawesi Tenggara," kata Yusuf.

Dalam video viral, peristiwa terjadi saat Jokowi memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di BLUD RSUD Konawe, Selasa (14/5/2024). Lalu pria berambut pendek dan mengenakan batik muncul dari arah belakang dan menerobos perisai hidup Jokowi.  

Situasi itu membuat Paspampres dengan cepat mencegat pria tersebut dari kedua arah dan langsung mengamankannya di belakang. Terdengar dalam video pria itu menyampaikan keluhan kepada Jokowi. 

"Gaji saya ditahan Pak, gaji saya ditahan Pak," ujar pria yang belum diketahui identitasnya itu.

Setelah insiden itu, Jokowi kembali melanjutkan sesi wawancara dengan menjawab pertanyaan sejumlah wartawan.

Topik Menarik