Minum Obat Diet Sembarangan Picu Masalah Ginjal, Ini Saran Dokter Gizi

Minum Obat Diet Sembarangan Picu Masalah Ginjal, Ini Saran Dokter Gizi

Terkini | okezone | Selasa, 14 Mei 2024 - 13:41
share

MEMILIKI badan yang ideal dan sehat menjadi impian banyak orang. Baik pria maupun wanita berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tergiur pada produk obat-obatan diet demi bisa menurunkan berat badan. Bahkan tak jarang banyak orang yang asal melakukan program diet tanpa memperhatikan kebutuhan tubuh.

Dokter Spesialis Gizi dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan bahwa pada sebagian besar kasus, banyak orang yang memilih untuk mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit.

Namun mereka tidak memperhatikan berapa banyak kalori yang keluar di dalam tubuh. Alhasil tubuh menjadi lemas dan mudah lelah karena asupan nutrisinya tidak sesuai dengan kalori yang dikeluarkan.

“Meskipun diet tetapi kebutuhan kalori, lemak, serat, protein tubuh itu tetap harus dipenuhi. Jangan sampai diet malah bikin lemes, lelah, gampang capek,” kata dr. Christopher saat ditemui di kawasan Menteng beberapa waktu lalu.

Dokter Christopher mengungkap bahwa diet berlebih dan tidak dikonsultasikan ke dokter gizi bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat. Sebab setiap orang memiliki persentase lemak, otot, dan kandungan air yang berbeda dalam tubuhnya.

“Karena setiap orang itu punya persentase lemak, otot, dan kandungan air yang berbeda. Supaya berat badan turunnya itu sehat, maka harus turunin kadar lemak dalam tubuh,” ujarnya.

Menurutnya, diet untuk menurunkan berat badan harus berfokus pada penurunan kadar lemak, bukan menurunkan kadar otot dan air dalam tubuh. Namun beberapa obat diet yang dijual di pasaran kerap kali membuat konsumennya mudah buang air kecil dan diare.

Hal ini karena obat tersebut lebih cenderung mengeluarkan air dalam tubuh bukan lemaknya. Alhasil tubuh menjadi dehidrasi dan kehilangan banyak cairan dalam tubuh. Efek dari obat diet seperti ini menjadi pertanda yang bisa membahayakan tubuh.

“Bukan malah menurunkan otot dan airnya, karena banyak sekali obat-obat diet yang dijual di luar sana yang bikin pipis dan diare. Tapi yang keluar itu air bukan lemak,” tutur dr. Christopher.

Dokter Christopher menyatakan benar apabila berat badannya menjadi turun usai mengkonsumsi obat diet dengan efek tersebut. Akan tetapi jika terus dikonsumsi, maka bisa memicu gangguan ginjal yang serius.

Topik Menarik