Polisi Ungkap Penyebab Kapal Tongkang Tabrak Tiang Jembatan Aurduri 1 Jambi

Polisi Ungkap Penyebab Kapal Tongkang Tabrak Tiang Jembatan Aurduri 1 Jambi

Terkini | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 11:58
share

JAMBI, iNews.id - Penyidik Ditpolarud Polda Jambi mendalami insiden kapal tongkang bermuatan batubara menabrak tiang penyangga Jembatan Aurduri I, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi pada Senin (13/5/2024). Hasil penyelidikan awal, insiden tersebut diduga karena arus Sungai Batanghari yang lumayan kencang.

"Yang jelas dari awal itu, faktor pasangnya air Sungai Batanghari. Tadikan arusnya lumayan kencang karena mengikuti arus, bukan melawan arus," ujar Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Pol Agus Tri Waluyo, Selasa (16/5/2024).

Dia mengungkapkan, ada empat tiang fender jembatan yang terkena kapal, satu tiang di antaranya rusak parah dan tiga tiang lagi posisinya miring. "Tiang penyangga dan penghubungnya itu lepas tadi. Rencana akan dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terlebih dahulu dan menghadirkan pihak terkait," ucapnya.

Menurutnya, untuk tiang penumpang utama Jembatan Aurduri I, masih aman dan masih bisa dilalui untuk pengguna jalan. "Kapal tongkang bermuatan batubara dan kapal tugboat ini dari Desa Jebak, Kabupaten Batanghari, Jambi untuk melakukan penurunan terhadap barang," katanya.

Saat ini, kata dia kapal tersebut sudah berada di wilayah sebelum Talang Duku. "Untuk informasi lebih lanjut, nanti akan diinformasikan lagi," katanya.

Sementara itu, tiga awak kapal tongkang muatan batubara telah diamankan petugas. Sedangkan satu unit kapal tongkang bermuatan batubara tersebut turut diamankan di wilayah Talang Duku, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Topik Menarik