Ukraina Bakal Terima Jet Tempur F-16 Bulan Depan, tapi...

Ukraina Bakal Terima Jet Tempur F-16 Bulan Depan, tapi...

Terkini | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 11:39
share

LONDON, iNews.id - Ukraina kemungkinan akan menerima kiriman jet tempur F-16 dalam beberapa pekan mendatang. Beberapa negara Barat menjanjikan bantuan jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) itu untuk digunakan berperang melawan Rusia.

Surat kabar Evening Standard, mengutip sumber pejabat militer senior, melaporkan pesawat tersebut diperkirakan akan tiba di Ukraina pada Juni atau Juli 2024. Media asal Inggris itu tidak menyebutkan negara mana yang akan mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina serta berapa unit jumlahnya.

Namun Menteri Pertahanan (Menhan) Belanda Kajsa Ollongren pada Maret lalu mengatakan, Denmark akan menjadi negara pertama yang mengirim F-16. Pengiriman diperkirakan berlangsung musim panas tahun ini. 

Setelah itu Belanda menyusul dengan memberikan Ukraina beberapa unit jet tempur F-16 yakni pada paruh kedua 2024.

Juru Bicara Angkatan Udara (AU) Ukraina Ilya Evlash mengatakan, pihaknya bisa mendapat kiriman jet tersebut paling cepat setelah 5 Mei 2024. Dia juga mengakui ada perubahan waktu pengiriman beberapa kali.

Ukraina terus melobi negara-negara sekutu untuk mendapatkan jet tempur multiperan tersebut.

Pada 2023, negara-negara Barat mengumumkan koalisi internasional untuk membantu Ukraina mendapatkan F-16 dengan terlebih dulu melatih pilotnya. Inisiatif itu mengumpulkan lebih dari 40 jet tempur F-16 untuk Ukraina. Denmark menjanjikan 19 unit, sementara Belanda akan mengirim 24 unit.

Namun para pejabat Ukraina mengakui militernya mungkin menghadapi kesulitan infrastruktur dalam pemeliharaan jet tempur tersebut. Beberapa pejabat senior Ukraina bahkan mengatakan pesawat tersebut mungkin sudah tidak sesuai lagi untuk melawan Rusia yang sudah mempersiapkan berbagai cara untuk menjatuhkannya.

Topik Menarik