Operasi Puri Agung 2024: Upaya Komprehensif Polri Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Operasi Puri Agung 2024: Upaya Komprehensif Polri Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Terkini | mnctrijaya | Selasa, 14 Mei 2024 - 10:43
share

Bali - Dalam konferensi pers yang diadakan menjelang World Water Forum ke-10, Karobinops SOPS POLRI Brigjen. Pol. Auliansyah Lubis mengumumkan rencana keamanan komprehensif untuk mengamankan acara tersebut, yang akan berlangsung dari tanggal 18 sampai 20 Mei di Bali. Konferensi ini, yang bertema pada peningkatan keamanan sumber daya air, akan melibatkan kehadiran delegasi internasional di 11 lokasi utama selama dua hari.

Karobinops SOPS POLRI Brigjen. Pol. Auliansyah Lubis mengungkapkan bahwa Operasi Puri Agung 2024 telah dirancang untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara. "Kami telah menyiapkan total 5.700 personel yang berasal dari Mabes Polri dan jajaran lainnya" ujarnya dalam konferensi pers, senin (13/5/2024).

Operasi keamanan ini akan dipimpin oleh Kabaharkam dengan dukungan wakil operasi Kapolda Bali. Rencana operasi akan dimulai sejak tanggal 17 hingga 21 Mei, melibatkan berbagai satuan tugas seperti Satgas Preventif, Satgas Tindak, Satgas Anti Teror, dan Satgas Wilayah yang akan menjaga dari Jawa Timur hingga Nusa Tenggara Barat.

Menurut Karobinops SOPS POLRI Brigjen. Pol. Auliansyah Lubis, kegiatan keamanan akan mencakup kawasan penting mulai dari Sanur dengan 858 personil yang akan beroperasi di hotel, rute perjalanan. Di area khusus seperti pelabuhan, Satgas Pamwil akan berfokus pada pengawasan terhadap masyarakat yang masuk ke wilayah Bali, dengan dukungan teknologi canggih seperti kamera pemantau VR dan database terpadu untuk memantau aktivitas mencurigakan.

Operasi ini juga akan menyiapkan kendaraan khusus untuk tamu VIP dan VVIP, termasuk 68 unit kendaraan dari pasukan pengawal presiden dan 54 unit mobil sebagai bagian dari langkah-langkah penanggapan cepat.

"Kami telah menyiapkan klaster-klaster keamanan di seluruh pulau untuk memastikan pengendalian dan pengecekan yang efektif," tambahnya. Setiap klaster akan dipimpin oleh perwira dan dilengkapi dengan posko yang terintegrasi dengan teknologi canggih seperti CCTV, informasi BMKG, dan aplikasi untuk monitoring kondisi cuaca dan pasang surut air.

Selain itu, dalam rangka memastikan keamanan selama WWF, telah dilakukan pengecekan khusus terhadap individu yang dicurigai sebagai oknum kriminal atau teroris, terutama di perbatasan dan area strategis lainnya. “Personel kami yang terlegar di lapangan dibekali dengan body walk untuk mendeteksi lokasi personil secara real-time, membantu respons cepat jika ada insiden,” tambahnya.

Dengan persiapan yang matang, Operasi Puri Agung 2024 diharapkan dapat memberikan keamanan maksimal selama perhelatan World Water Forum ke-10 di Bali, memastikan acara berlangsung lancar dan aman dari gangguan.

Topik Menarik