Bayi Baru Lahir Ditemukan Warga Luka Parah di Semak Balukar Kebun Teh Sidamanik

Bayi Baru Lahir Ditemukan Warga Luka Parah di Semak Balukar Kebun Teh Sidamanik

Terkini | medan.inews.id | Selasa, 14 Mei 2024 - 10:00
share

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id Seorang warga menemukan bayi perempuan yang diperkirakan berumur 3 jam di Perkebunan Ingrup blok 63, Dusun Silikit Afd B Tobasari, Nagori Saitbuntu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Bayi malang itu ditemukan terjatuh di semak belukar dan terluka parah karena duri tajam di sekitarnya.

Dari informasi yang diperoleh bahwa penemuan bayi malang itu pertama kali ditemukan warga bernama Bernike Siburian (48) pada Senin (13/5/2024) petang. Saat itu, Bernike tengah pulang dari ladang. Dirinya mendengar tangisan bayi saat melintasi jalan semak dikawasan tersebut.

"Karena penasarannya, saksi tersebut mendorongnya (semak) untuk menyisir area tersebut hingga akhirnya menemukan bayi itu terjatuh dari semak belukar dan terluka parah karena duri tajam di sekitarnya," kata Kapolsek Sidamanik, AKP S. Tampubolon, Selasa (14/5/2024).

Setelah memastikan bayi masih bernapas, Bernike segera melaporkan temuannya kepada kepala desa dan warga sekitar. Pihak desa bersama bidan setempat bergegas ke lokasi dan membawa bayi itu ke rumah bidan di Desa Perangin-angin untuk mendapatkan pertolongan pertama.

"Karena kondisi bayi yang memburuk dan kurangnya fasilitas medis, bayi tersebut kemudian diantar ke Rumah Sakit Umum Parapat menggunakan mobil pribadi polisi. Mengingat mobil ambulans desa tidak dapat digunakan karena baterai yang habis," terang Kapolsek.

"Sayangnya, meskipun upaya penyelamatan terus dilakukan, bayi tersebut dinyatakan meninggal dunia pukul 19.30 WIB di rumah sakit," sambung Kapolsek.

S. Tampubolon, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara dan mengumpulkan keterangan dari saksi yang ada.

"Kami masih menyelidiki kejadian ini dan berusaha menemukan pihak yang bertanggung jawab atas pembuangan bayi malang tersebut," ungkapnya.

Topik Menarik