Mantan Istri Mundur dari Filantropi Gates Foundation, Begini Komentar Bill Gates

Mantan Istri Mundur dari Filantropi Gates Foundation, Begini Komentar Bill Gates

Terkini | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 08:06
share

WASHINGTON, iNews.id - Melinda French Gates, mantan istri pendiri Microsoft Bill Gates, Senin (13/5/2024), mengundurkan diri sebagai pemimpin Bill and Melinda Gates Foundation, yayasan amal atau filantropi terbesar di dunia. 

Yayasan tersbut didirikan Melinda bersama Bill Gates lebih dari 20 tahun lalu. Bill dan Melinda Gates mengajukan gugatan cerai pada 2021 setelah 27 tahun menikah. Meski demikian saat itu mereka berjanji untuk melanjutkan pekerjaan di yayasan filantropi bersama-sana.

“Berdasarkan ketentuan perjanjian saya dan Bill, jika keluar dari yayasan, saya akan mendapat tambahan 12,5 miliar dolar AS untuk berkomitmen pada tugas-tugas saya atas nama perempuan dan keluarga,” kata Melinda, dalam pernyataan di media sosial X, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/5/2024).

Dia menambahkan, keputusan untuk mundur dari yayasan bukan hal mudah, namun tetap harus dilakukan.

“Ini bukanlah keputusan mudah yang saya ambil,” kata Melinda, seraya menambahkan, hari terakhirnya di yayasan tersebut adalah 7 Juni.

Sementara itu dalam komentarnya, Bill mengungkapkan penyesalan atas keputusan Melinda meninggalkan Bill and Melinda Gates Foundation.

"Saya menyesal melihat Melinda pergi, tapi saya yakin dia akan memberi dampak besar dalam tugas filantropinya di masa depan," kata Bill, dalam posting-an di X.

Melinda sempat mengatakan pada 2021, dia dan Bill telah mencapai kesepakatan tentang cara membagi harta gana-gini. Meski demikian tidak ada penjelasan rinci dari kesepakatan tersebut.

Bill and Melinda Gates Foundation merupakan salah satu kekuatan terbesar dan berpengaruh di bidang kesehatan masyarakat global. Yayasan telah menghabiskan lebih dari 50 miliar dolar AS selama dua dekade terakhir untuk menerapkan pendekatan bisnis dalam memerangi kemiskinan dan penyakit.

Topik Menarik