7 Keutamaan Bulan Dzulqa'dah, Disunnahkan Berpuasa hingga Larangan Perang

7 Keutamaan Bulan Dzulqa'dah, Disunnahkan Berpuasa hingga Larangan Perang

Terkini | semarang.inews.id | Selasa, 14 Mei 2024 - 08:00
share

JAKARTA , iNewsSemarang.id - Bulan Dzulqa'dah merupakan salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah SWT dalam Islam. Bulan Dzulqa'dah memiliki banyak keutamaan dan dianggap istimewa oleh umat Islam.

Bulan yang menempati posisi ke-11 dalam kalender Hijriah atau penanggalan Islam ini, berada di antara bulan Syawal dan Dzulhijjah. Karena letaknya yang berada di antara lebaran Syawal dan lebaran Haji, masyarakat Jawa sering menyebutnya sebagai bulan Apit.

Sebagai salah satu bulan haram, Dzulqa'dah dijadikan waktu untuk meningkatkan ibadah dan menjauhi perbuatan dosa. Bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan ibadah haji yang jatuh pada bulan Dzulhijjah.

Bulan Dzulqa'dah 1445 H jatuh pada Minggu, 10 Mei 2024. Bulan Dzulqa'dah ini juga disebut dengan Al-Qadah, dapat juga disebut Al-Qidah. Dinamakan demikian karena mereka (orang-orang Arab) diam di tempatnya, tidak mengadakan peperangan, tidak pula bepergian. Dijamakkan menjadi zawatul qadah.

Dilansir dari laman MUI, Dari segi kebahasaan, Dzulqadah berasal dari bahasa Arab dan terbentuk dari gabungan dua kata. Pertama kata dzu yang biasa diartikan memiliki, dan kedua qadah seperti dikutip dari al-Mujam al-Wasith kata tersebut berarti tempat yang diduduki. (al-Mujam 2/748).

Jika diterjemahkan apa adanya ke dalam bahasa Indonesia, arti kata Dzulqadah adalah bulan duduk-duduk. Sekilas penamaan ini akan tampak aneh dan tidak biasa bagi orang Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri, penamaan bulan Dzuqadah ternyata memiliki alasan yang cukup dalam.

Terkait alasan penamaannya, al-Biruni dalam salah satu karyanya al-Atsar al-Baqiyah anil Qurun al-Khaliyah menerangkan Dzulqadah orang Arab bahkan sebelum Islam, lebih banyak berdiam diri di rumah. Selain itu, di bulan Dzulqadah orang Arab lebih memilih duduk menahan diri dari peperangan. (al-Atsar al-Baqiyah, 69, 416).

Lantas, apa saja keutamaan dalam Bulan Dzulqa'dah bagi umat Islam? Berikut ulasan lengkapnya.

7 Keutamaan Bulan Dzulqa'dah

1. Bulan Haram

Keutamaan Bulan Dzulqa'dah adalah salah satu bulan haram atau yang dimuliakan. Tidak heran jika orang Arab menyepakati perdamaian di bulan ini karena memang, bulan ini termasuk empat bulan yang disepakati oleh orang Arab sebagai bulan hurum bersama bulan Muharram, Rajab, dan Dzulhijjah.

Bulan di mana pertumpahan darah tidak diperbolehkan. Al Quran mempertegas status bulan-bulan ini dalam Surat At Taubah ayat 36. Allah SWT berfirman

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu dan perangilah kaum musyrik itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kalian semuanya; dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa". (QS. At Taubah: 36).

Diriwayatkan Imam Ahmad bahwa Nabi Muhammad SAW berkhotbah dalam haji wada. Nabi SAW kemudian bersabda tentang empat bulan haram termasuk di antaranya Dzulqa'dah:

"Ingatlah, sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya sejak hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun terdiri atas dua belas bulan, empat bulan di antaranya adalah bulan-bulan haram (suci); tiga di antaranya berturut-turut, yaitu Dzulqa' dah, Dzul Hijjah, dan Muharram; yang lainnya ialah Rajab Mudar, yang terletak di antara bulan Jumada (Jumadil Akhir) dan Syaban".

2. Pahala Dilipatgandakan

Keutamaan Bulan Dzulqa'dah berikutnya adalah amalan pahala dilipatgandakan.

At-Thabari menyebutkan dalam tafsirnya bahwa keistimewaan bulan Dzulqadah sebagai bulan yang suci lagi diagungkan kehormatannya. Di mana di dalamnya amalan-amalan yang baik akan dilipatgandakan pahalanya sedangkan amalan-amalan yang buruk akan dilipatgandakan dosanya.

3. Bulan Haji

Keutamaan Bulan Dzulqa'dah yakni bulan persiapan menuju puncak ibadah haji. Para jemaah haji mulai berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam dimulai dari awal bulan Dzulqa'dah.

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklum

Dalam tafsir Ibnu Katsir dikemukakan bahwa asyhur malumat merupakan bulan yang tidak sah ihram untuk menunaikan ibadah haji kecuali pada bulan-bulan ini. Dan disebutkan pula bahwa bulan-bulan tersebut adalah Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Bulan-bulan haji ini dikhususkan oleh Allah dengan ibadah haji, dan Allah mengkhususkan bulan-bulan ini sebagai waktu pelaksanaannya. Sedangkan Dzulqadah berada di tengah-tengah bulan haji tersebut.

4. Larangan Berperang

Keistimewaan Bulan Dzulqadah juga diagungkan karena dalam bulan tersebut Allah melarang manusia untuk berperang. Hal ini senada dengan makna secara harfiyah dari Dzulqadah yaitu penguasa genjatan senjata.

5. Bertemunya Nabi Musa dengan Allah

Keistimewaan Bulan Dzulqa'dah berikutnya adalah pertemuan Nabi Musa alaihisalam dengan Allah SWT. Saat itu, masa 30 malam yang dijanjikan oleh Allah kepada Nabi Musa untuk bertemu dengan-Nya terjadi pada bulan Dzulqadah, sedangkan 10 malam sisanya terjadi pada bulan Dzulhijjah. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. Al-Araf ayat 142:

Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan.

6. Disunnahkan Puasa

Keistimewaan Bulan Dzulqa'dah selanjutnya yakni dianjurkan melaksanakan puasa sunnah. Jumhur ulama telah mengelompokkan puasa di Bulan Dzulqa'dah dalam golongan puasa sunnah.

Di antara dalil dibolehkannya puasa Dzulqa'dah adalah :

: . . . - -

Artinya: Dari Mujibah Al-Bahiliah dari ayahnya atau pamannya sesungguhnya ia (ayah atau paman) datang kepada Rosulullah SAW kemudian berpisah dan kemudian datang lagi kepada Rosulullah setelah setahun dalam keadaan tubuh yang berubah (kurus), dia berkata : Yaa Rosulullah apakah engkau tidak mengenalku? Rasulullah SAW menjawab : Siapa Engkau? Dia pun berkata : Aku Al-Bahili yang pernah menemuimu setahun yang lalu. Rosulullah SAW bertanya : Apa yang membuatmu berubah sedangkan dulu keadaanmu baik-baik saja (segar-bugar), Ia menjawab : Aku tidak makan kecuali pada malam hari (yakni berpuasa) semenjak berpisah denganmu, maka Rosulullah SAW bersabda : Mengapa engkau menyiksa dirimu, berpuasalah di bulan sabar dan sehari di setiap bulan, lalu ia berkata : Tambah lagi (yaa Rosulullah) sesungguhnya aku masih kuat. Rosulullah SAW berkata : Berpuasalah 2 hari (setiap bulan), dia pun berkata : Tambah lagi ya Rosulullah. Rosulullah SAW berkata : berpuasalah 3 hari (setiap bulan), ia pun berkata: Tambah lagi (Yaa Rosulullah), Rosulullah SAW bersabda : Jika engkau menghendaki berpuasalah engkau di bulan-bulan haram (Rojab, Dzul Qodah, Dzul Hijjah dan Muharrom) dan jika engkau menghendaki maka tinggalkanlah, beliau mengatakan hal itu tiga kali sambil menggenggam 3 jarinya kemudian membukanya. (HR. Abu Daud).

7. Bulan Damai

Keistimewaan Bulan Dzulqa'dah selanjutnya adalah bulan damai karena adanya larangan berperang atau menganiaya.

Itulah 7 Keutamaan Bulan Dzulqa'dah, bulan haram yang pahalanya dilipatgandakan.

Wallahu A'lam (Arni Sulistiyowati)

Topik Menarik