Hajar Istri hingga Tewas, Mantan Menteri Ekonomi Kazakhstan Dihukum 24 Tahun Penjara

Hajar Istri hingga Tewas, Mantan Menteri Ekonomi Kazakhstan Dihukum 24 Tahun Penjara

Terkini | inews | Senin, 13 Mei 2024 - 21:47
share

ASTANA, iNews.id Mantan Menteri Perekonomian Kazakhstan, Kuandyk Bishimbayev, dijatuhi hukuman 24 tahun penjara pada Senin (13/5/2024). Dia terbukti telah membunuh istrinya, Saltanat Nukenova.

Sebelumnya, publik Kazakhstan dibuat gempar oleh rekaman video penyiksaan Bishimbayev terhadap Nukenova yang menyebabkan perempuan itu meninggal secara tragis. Video yang telah diputar dalam persidangan itu menunjukkan sang mantan menteri berulang kali menendang dan meninju istrinya. Tak hanya itu, dia juga menarik rambut korban dan menyeretnya di sekitar lokasi peristiwa.

Pascapenyiksaan itu, Nukenova ditemukan tewas. Yang membuat geram, di persidangan Bishimbayev berkeras mengaku tidak bersalah atas kasus pembunuhan. Kepada pengadilan, pria berumur 44 tahun itu malah menyebut istrinya meninggal karena luka yang diderita korban sendiri.

Bishimbayev menjabat sebagai menteri perekonomian pada Mei-Desember 2016. Sebelumnya, dia juga pernah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena kasus penyuapan. Akan tetapi, dia kemudian bebas hanya dalam waktu kurang dari tiga tahun berkat amnesti dan pembebasan bersyarat dari penguasa Kazakhstan.

Reuters melansir, di Kazakhstan sering terjadi para elite politik lolos dari berbagai kasus kejahatan yang menimpa mereka. Tren tersebut menambah ketidakpercayaan masyarakat terhadap sistem hukum di negara kaya minyak berpenduduk 20 juta jiwa itu.

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sudah lama menjadi isu hangat di Kazakhstan. Data pemerintah di sana menunjukkan, satu dari enam perempuan Kazakhstan pernah mengalami kekerasan atau penyiksaan yang dilakukan oleh pasangan laki-lakinya.

Topik Menarik