Kapolda Maluku Ajak Masyarakat Jadikan Perjuangan Pattimura Cermin Persatuan

Kapolda Maluku Ajak Masyarakat Jadikan Perjuangan Pattimura Cermin Persatuan

Terkini | ambon.inews.id | Senin, 13 Mei 2024 - 16:50
share

AMBON, iNewsAmbon.id - Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, mengajak masyarakat untuk mengambil inspirasi dari perjuangan Pattimura sebagai landasan untuk memelihara persatuan dan nilai-nilai persaudaraan.

Pernyataan ini disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan hari Pahlawan Pattimura ke-207 dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha, Kota Ambon, Senin (13/5/2024).

“Peringatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada generasi muda untuk meneruskan semangat perjuangan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi Maluku dan Indonesia," kata Lotharia.

Kapolda menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada pahlawan nasional Pattimura yang telah memberikan inspirasi dan semangat perjuangan kepada generasi saat ini.

Ia menegaskan pentingnya mengenang perjuangan Pattimura, terutama bagi generasi muda.

Menurutnya, semangat perjuangan Pattimura harus tetap dijunjung tinggi dan dijadikan teladan dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

Kapolda juga menekankan bahwa menjaga persatuan dan kesatuan adalah tanggung jawab bersama yang perlu ditanamkan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.

 

“Mari kita bersama-sama mewarisi semangat juang pahlawan kita, seperti Pattimura, demi membangun bangsa yang kokoh dan berdaulat,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Maluku mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan upacara dan ziarah dalam rangka peringatan hari Pahlawan Pattimura.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif panitia penyelenggara dan seluruh peserta upacara, meski cuaca hujan deras, semangat kita tidak surut," kata Kapolda.

Acara upacara dan ziarah di TMP Kapahaha Ambon juga dihadiri oleh Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Pj Gubernur Maluku Sadali Ie, dan seluruh unsur Forkopimda Maluku.

Selain menggelar upacara, Kapolda, Pangdam, Pj Gubernur, dan Forkopimda Maluku juga melakukan tabur bunga di TMP Kapahaha sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan.

Topik Menarik