Pemudik Nilai Rekayasa Lalin One Way hingga Contraflow Efektif Urai Kemacetan

Pemudik Nilai Rekayasa Lalin One Way hingga Contraflow Efektif Urai Kemacetan

Terkini | inews | Kamis, 18 April 2024 - 06:13
share

JAKARTA, iNews.id - Polisi melakukan rekayasa arus lalu lintas one way hingga contraflow selama mudik dan arus balik Lebaran 2024. Pemudik pun menilai rekayasa lalin tersebut efektif mengurai kemacetan.

Salah satu pemudik asal Ngawi, Jawa Timur menuju Jakarta, Gunawan mengatakan, one way mempercepat lalin menuju tujuan dengan lancar.

"Kalau buat saya pribadi manfaat one way posisinya kosong sepi jadi lancar alhamdulillah sampai tujuan kampung halaman juga enggak ada kendala sama sekali," ujar Gunawan, Rabu (17/4/2024).

Adapun soal kecelakaan di Gran Max dan Bus Rosalia Indah, kata dia, hal itu bisa saja terjadi lantaran kondisi driver yang lelah dan muatan penumpang overload sehingga membahayakan. Dia pun mengapresiasi petugas kepolisian selalu sigap membantu masyarakat yang melakukan perjalanan.

"Tanggapan saya kemarin yang di KM 58 mungkin kondisi drivernya ngantuk muatannya terlalu overload jadi membahayakan, sedangkan Bus Rosalia mungkin terlalu capek ngantuk jadi emang kesalahannya enggak istirahat dulu soalnya kalo ngantuk kan harusnya istirahat biar segar lagi lanjut perjalanan lagi," tuturnya.

Pemudik lainnya, Fauzi Rizal yang menuju Bekasi dari Kuningan Jawa Barat mengungkapkan, rekayasa lalu lintas one way dapat menghindari kemacetan dan berjalan efektif dari jalur yang ditentukan. Kemacetan yang terjadi di sejumlah titik bisa diantisipasi melalui rekayasan lalu lintas tersebut.

"Sangat membantu efektif sampai jalur yang ditentukan kita masuk jalur lagi itu sangat efektif, positifnya adanya jalur One Way kepada saya sebagai pemudik, mudik sekarang lebih lancar dan nyaman," kata Rizal.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas kepolisian yang sudah membantu pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Sementara itu, pemudik asal Purwokerto menuju Jakarta, Solihin menambahkan, arus mudik 2024 berjalan dengan lancar. Semua itu tak lepas dari langkah kepolisian dalam melakukan pola pengaturan lalu lintas arus mudik ataupun arus balik bisa berjalan lancar.

"Dibanding tahun lalu, lebih bagus tahun ini alasannya lebih lancar, jarak tempuhnya kan sama tapi jamnya lebih cepat," papar Solihin pemudik dari Purwokerto menuju Jakarta.

Topik Menarik