Siapa Sangka Klub Sepakbola Eropa Ternyata Punya Miliarder Indonesia

Siapa Sangka Klub Sepakbola Eropa Ternyata Punya Miliarder Indonesia

Terkini | okezone | Kamis, 18 April 2024 - 04:15
share

JAKARTA - Di era yang semakin modern ini investasi memiliki ragam bentuk. Salah satunya investasi klub sepakbola yang saat ini digandrungi banyak artis Indonesia.

Namun tidak hanya artis saja, ternyata investasi ini juga digeluti para konglomerat. Bahkan para konglomerat ini memilih klub sepakbola Eropa sebagai propertinya.

Kini sepakbola memang bukan sekedar olahraga. Terlebih banyaknya penggemar yang menggemari sepakbola. Hal ini menjadikan sepakbola sebagai ladang bisnis yang memiliki banyak profit dan bersaing.

Pendapatan utama klub sepakbola berasal dari sponsor brand, hak penyiaran, tiket, aksesoris klub dan beberapa sumber dana lainnya. Dengan transaksi yang dilakukan dengan mata uang Eropa tentunya bernilai fantastis.

Berikut daftar konglomerat yang memiliki klub sepakbola Eropa sebagai properti:

Bakrie Group

Siapa yang tidak mengenal Bakrie group. Dikenal memiliki banyak properti, ternyata bakrie group juga memiliki klub sepakbola di Belgia. Klub ini bernama Cercle Sportif Vise yang bermarkas di Vise, kota di timur Belgia. Tidak melupakan tanah air, beberapa pemain muda Indonesia juga pernah bermain di klub ini.

Erick Thohir

Menteri BUMN yang juga menjabat sebagai ketua PSSI periode 2023-2027 ini juga memiliki saham dari Oxford United yang merupakan klub divisi satu Liga Inggris dan klub Indonesia, Persis Solo. Sebelum dilepas, Erick Thohir juga diketahui memiliki saham klub Inter Milan dan DC United.

Topik Menarik