Ribuan Pemudik Sepeda Motor Padati Pelabuhan Ciwandan, Antrean Mengular

Ribuan Pemudik Sepeda Motor Padati Pelabuhan Ciwandan, Antrean Mengular

Terkini | inews | Senin, 8 April 2024 - 08:10
share

JAKARTA, iNews.id - Ribuan pemudik sepeda motor kembali memadati Pelabuhan Ciwandan pada H-2 Lebaran 2024, Senin (8/4/2024). Enam kantong parkir yang disediakan penuh dengan kendaraan roda dua yang akan menyeberang ke Sumatera.

Pemudik harus bersabar karena proses sandar kapal yang cukup lama. Kapal yang digunakan mampu menampung hampir 2.000 sepeda motor, sehingga antrean di pelabuhan terus bergerak.

Petugas mengimbau pemudik untuk membeli tiket melalui jalur resmi dan tidak tertipu calo yang menjual tiket di pinggir jalan.

Puncak arus mudik di Pelabuhan Ciwandan diperkirakan akan berlangsung hingga hari ini. Hal ini berdasarkan data penjualan tiket dan kepadatan yang terjadi pada H-4 dan H-3.

Sementara itu, kemacetan di Pelabuhan Merak yang sempat mengular hingga 10 kilometer pada H-2 Lebaran 2024 pagi ini, Senin (8/4/2024), akhirnya terurai.

Kepolisian menerapkan rekayasa lalu lintas dengan menggunakan dua jalur tol dan non tol. Kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Bakauheni dibagi menjadi dua jalur, yaitu melalui fly over Merak dan jalur alternatif non tol.

Rekayasa lalu lintas ini efektif dalam mengurai kemacetan. Saat ini, arus lalu lintas di kawasan Gerbang Exit Tol Pelabuhan Merak terpantau normal dan landai.

Kendaraan yang melintas masih didominasi oleh mobil pribadi. Bus penumpang dan truk pengangkut barang dialihkan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Topik Menarik