Sidak ke Pelabuhan Semayang, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Lepas Pemudik Tujuan Parepare

Sidak ke Pelabuhan Semayang, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Lepas Pemudik Tujuan Parepare

Terkini | kutai.inews.id | Senin, 8 April 2024 - 08:10
share

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik melakukan pemantauan arus mudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Minggu (7/4/2024).

Dalam kunjungan untuk memastikan kelancaran arus mudik, Akmal Malik juga melepas ribuan pemudik tujuan Parepare, Sulawesi Selatan yang mengikuti program Mudik Asyik BUMN 2024.

"Ada seribu lebih yang berangkat jalur darat, dan juga melalui laut. Hari ini kita berangkatkan KM Lambelu tujuan Makasar dan Parepare," ungkapnya.

Akmal menyebutkan pemudik yang menuju Makassar dan Pare-pare jumlahnya 400 orang.

Akmal berharap penudik bisa memaknai Lebaran itu sebagai bagian untuk mendoakan bangsa agar lebih baik.

"Berbahagia dengan keluarga masing-masing. Terpenting jaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan," ucapnya.

Akmal juga mengingatkan agar kegembiraan dan kebahagian ke kampung halaman tidak mengabaikan hal-hal yang berkaitan dengan aturan.

"Patuhi semua aturan dalam perjalanan dan sekali lagi selamat untuk semua saudara kita yang berlebaran di kampung halaman," pesannya.

Khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mudik, Akmal mengingatkan agar tidak bolos kerja dan merencanakan perjalanan dengan matang.

"Mudah-mudahan bisa balik cepat dan tepat waktu bagi ASN dan pegawai BUMN jangan bolos," harapnya.

Pj Gubernur juga menjelaskan dirinya bersama jajaran Polda telah memantau di beberapa titik, termasuk Pelabuhan Semayang.

"Saya juga memonitor di Bandara APT Pranoto Samarinda dan Terminal Samarinda Seberang, serta tadi memonitor di Ferry Penyebrangan Kariangau," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan secara umum terjadi peningkatan jumlah pemudik, 17 sampai 20 persen kecuali di Bandara APT Pranoto terjadi peningkatan sampai 100 persen.

"Secara umum berjalan baik, infrastruktur kita bagus dan sekali lagi dukungan dari aparatur sangat bagus, unit kesehatan, keamanannya terjaga bagus," ungkapnya.

Topik Menarik