Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT, Tinggi Kolom Abu Capai 500 Meter

Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT, Tinggi Kolom Abu Capai 500 Meter

Terkini | inews | Senin, 8 April 2024 - 07:08
share

FLORES, iNews.id - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi, Senin (8/4/2024) pukul 06:47 WITA. Erupsi ini menyemburkan kolom abu vulkanis yang teramati setinggi 500 meter di atas puncak ( 2.084 meter di atas permukaan laut).

Data diperoleh iNews, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7.4 mm dan durasi 1 menit 12 detik.

Saat ini Gunung Lewotobi Laki-laki berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 km dari pusat erupsi. Kemudian jarak sektoral 3 km pada arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.

Masyarakat diimbau agar tenang dan mengikuti arahan pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Bagi warga yang tinggal di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki agar mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, khususnya jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Hingga saat ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki berstatus Waspada Level ll. Warga minta selalu waspada terhadap erups gunung api aktif tersebut.

Topik Menarik