Mirip Bumi, Langit Exoplanet Ciptakan Efek Mirip Pelangi

Mirip Bumi, Langit Exoplanet Ciptakan Efek Mirip Pelangi

Terkini | inews | Sabtu, 6 April 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNews.id - WASP-76b digambarkan planet yang kacau dan terik. Planet terletak di luar sistem Tata Surya, dekat dengan bintangnya sehingga cukup panas.

Namun, deskripsi yang lebih positif ini ditambahkan ke dalam daftar baru-baru ini. Karena, para astronom telah mendeteksi petunjuk tentang sesuatu yang disebut glory di atmosfer exoplanet Jupiter yang sangat panas.

Efek glory, yang ditunjukkan dalam data dari misi perburuan exoplanet milik Badan Antariksa Eropa, Characterizing Exoplanet Satellite (CHEOPS), adalah susunan cincin cahaya konsentris berwarna-warni seperti pelangi yang hanya terjadi dalam kondisi khusus.

Efek ini biasanya terlihat di Bumi dan di atmosfer Venus. Namun, ini pertama kalinya para ilmuwan melihatnya terjadi di luar lingkungan kosmik yakni WASP-76b yang terletak 637 tahun cahaya dari Bumi.

Jika efek dipastikan terjadi pada WASP-76b, hal ini dapat mengungkap banyak hal tentang exoplanet aneh dan extrem, sebagaimana dikutip dari Space.

"Ada alasan no glory belum terlihat sebelum di luar Tata Surya. Ini memerlukan kondisi yang aneh," kata pemimpin tim dan astronom di Institute of Astrophysics and Space Science di Portugal Olivier Demangeon.

Ditemukan pada 2013, WASP -76b terletak sekitar 30 juta mil dari induk bintang yellow, yang berukuran sekitar 1,5 kali massa dan 1,75 kali lebar Matahari.

Topik Menarik