Lubang Longsoran Meluas, Jalan Tol Bocimi KM 64 Arah Sukabumi Terputus Total

Lubang Longsoran Meluas, Jalan Tol Bocimi KM 64 Arah Sukabumi Terputus Total

Terkini | okezone | Jum'at, 5 April 2024 - 23:25
share

SUKABUMI - Lubang akibat longsoran di Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) semakin meluas. Awalnya, hanya bahu jalan dan satu jalur yang terdampak, saat ini melebar menjadi 2 jalur di KM 64 arah Sukabumi tol Bocimi.

Pantauan dari udara melalui kamera drone, saat ini, Jumat (5/4/2024) jalan Tol Bocimi jalur arah Sukabumi terputus total akibat meluasnya area longsoran. Beton jalan raya patah hingga mencapai batas separator jalur A dan B, ambruk masuk ke lobang longsoran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, longsoran di Tol Bocimi KM 64 arah Sukabumi tersebut, bukan berasal dari pergerakan tanah, tapi karena longsoran tanah pada saat penimbunan.

"Terjadi (longsoran) karena curah hujan yang tinggi. Terlihat vegetasi di sekitarnya (lokasi longsor) pohon-pohon pisang masih tegak, berarti memang bukan dari pergerakan tanah tapi dari material longsoran saja," ujar Basuki kepada MNC Portal Indonesia.

Lebih lanjut Basuki mengatakan, pihaknya saat ini berusaha menangani secara temporer pada 3 hari ke depan hingga Senin 8 April 2024. Lalu, akan melakukan monitoring dan uji coba sehingga jika aman dapat dipergunakan sebagai jalur mudik.

"Kemudian, setelah itu, nanti baru kita tangani secara permanen setelah lebaran. Sebenarnya saya ingin full speed di sebelum lebaran, tapi sudah pada libur dan ini hari besar, lebaran. Kita kasih kesempatan libur dulu sampai tanggal 15, setelah itu full speed penanganan permanen," ujar Basuki.

Topik Menarik