Mudik Lebaran, KAI Commuter Tambah Perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Solo

Mudik Lebaran, KAI Commuter Tambah Perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Solo

Terkini | sleman.inews.id | Jum'at, 5 April 2024 - 21:30
share

SOLO, iNewsSleman.id KAI Commuter menambah jadwal perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Solo dan Prameks pada masa angkutan Lebaran 2024. Pemberlakuan tambahan perjalanan sebagai antisipasi pergerakan pemudik saat momen Lebaran.

KAI Commuter mengoperasikan 6 jadwal perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Solo menjadi 30 perjalanan, dan 4 jadwal perjalanan Commuter Line Prameks menjadi 12 perjalanan. Pemberlakuan tambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur PP mulai 6 - 18 April 2024. Sedangkan pemberlakukan tambahan perjalanan Commuter Line Prameks Yogyakarta-Kutoarjo PP mulai 5-16 April 2024.

Optimalisasi perjalanan Commuter Line di wilayah Yogyakarta ini adalah sebagai antisipasi dari hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub terkait Pergerakan Pemudik pada Lebaran Tahun 2024. Dalam survey, Provinsi Jawa Tengah merupakan Provinsi tujuan utama pemudik yang di prediksi sebanyak 61,6 juta orang atau sebesar 31,6 persen dari total pemudik.

Selain itu, penambahan perjalanan Commuter Line juga untuk memudahkan pemudik yang akan melanjutkan perjalanannya menuju daerah-daerah di wilayah Yogyakarta, Solo hingga Karangayar, kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat (5/4/2024).

Sebagaimana diketahui, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pemudik yang berasal dari Jakarta, Bandung atau Surabaya pada Angkutan Lebaran 2024. Dengan rentang jam operasional lebih panjang yakni mulai pukul 04:55 WIB sampai dengan 22.35 WIB, di harapkan juga dapat mengakomodir dan memudahkan para pengguna musiman dan masyarakat sekitar stasiun-stasiun Commuter Line dalam melakukan mobilisasi selama Hari Raya Idul Fitri.

KAI Commuter mencatat volume pengguna Commuter Line Yogyakarta pada masa angkutan Lebaran tahun 2023 lalu sebanyak 447.860 orang. Sedangkan pada masa angkutan Lebaran tahun 2024 ini, volume pengguna diproyeksikan naik sebesar 13 persen atau sebanyak 507.262 orang dengan Ppuncak volume penumpang diperkirakan pada Sabtu, 13 April 2024 mencapai 38.696 orang.

Sementara untuk Commuter Line Prameks, pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 mencatat volume pengguna sebanyak 65.647 orang. Sedangkan pada angkutan Lebaran tahun ini diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar 7 persen atau sebanyak 69.986 orang Puncak volume penumpang diperkirakan pada Minggu, 14 April 2024 mencapai 4.310 orang.

Selama masa libur, Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak. Tercatat selama masa liburan volume pengguna di Stasiun Yogyakarta tercatat sebanyak 10.00011.000 orang tiap harinya. Untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau untuk naik Commuter Line Yogyakarta dari stasiun lainnya seperti stasiun Lempuyangan yang tercatat rata-rata volume pengguna sebanyak 3.000 setiap harinya.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan pada masa Angkutan Lebaran ini, KAI Commuter membangun dan menambah fasilitas layanan seperti penambahan toilet, perluasan Musala, penambahan kanopi, penambahan Pos kKesehatan dan penambahan fasilitas layanan lainnya di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutorjo, Stasiun Maguwo, Stasiun Brambanan dan Stasiun Jenar, Stasiun Purwosari serta Stasiun Delanggu dan Stasiun Palur.

Dengan penambahan operasional layanan, diharapkan pengguna yang akan berlebaran ataupun berwisata menggunakan commuterline dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (kartu Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code Gotransit by Gojek. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui -Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

Selama perjalanan baik dengan KA Lokal atau commuterline, KAI Commuter mengimbau kepada pengguna di dalam perjalanan Commuter Line untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi buah hati, menyiapkan perjalanan dengan cermat, serta menjaga barang bawaan dan ikuti arahan petugas.

Untuk informasi update tentang Commuter Line dapet mengunjungi akun resmi media sosial @commuterline atau Contact Center 021 121. Kami akan memberikan layanan sepenuh hati di hari Idul Fitri.

Topik Menarik