Lebarkan Sayap, Apple Dikabarkan Bikin Robot untuk Rumah

Lebarkan Sayap, Apple Dikabarkan Bikin Robot untuk Rumah

Terkini | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 16:35
share

JAKARTA, iNews.id - Apple terus melebarkan lini produknya. Tak hanya berkutat pada smartphone dan laptop, Apple tampaknya ingin mencoba peruntungan di robot untuk rumah.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple ingin mengeksplorasi area robotik. Perusahaan pembuat iPhone itu dilaporkan mulai melirik robot dan kendaraan elektrik bersamaan, dengan harapan pengembangan mesin tidak membutuhkan campur tangan manusia.

Proyek robotik Apple masih dalam tahap awal, tapi Bloomberg melaporkan, Apple sudah mulai mengerjakan robot mobile yang bisa mengikuti pengguna di sekitar rumah. Selain itu, perusahaan mengembangkan perangkat di atas meja yang menggunakan robot untuk menggerakkan layar.

Ide di balik perangkat di atas meja adalah mempunyai mesin yang bisa meniru gerakan kepala dan mengunci satu orang dalam satu grup, mungkin untuk pengalaman video lebih baik, sebagaimana dikutip dari Engadget.

Karena robot diduga bisa bergerak sendiri, perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan algoritma untuk navigasi. Berdasarkan laporan, grup home devices Apple bertanggung jawab atas pengembangannya, setidaknya satu engineer EV yang dihentikan telah bergabung dengan tim tersebut.

Namun, robot tidak seperti telepon di mana saat ini dibutuhkan orang dalam kehidupan mereka. Apple rupanya khawatir mengenai apakah orang-orang akan membayar mahal untuk robot yang ada dalam rencana mereka.

Gurman sebelumnya melaporkan Apple mungkin telah menjual EV-nya seharga 100.000 dolar AS. Jika benar, ini memiliki potensi lebih besar untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Namun Apple Car kini sudah tidak ada lagi, dan perusahaan tersebut dilaporkan menaruh seluruh fokusnya pada Vision Pro dan produk-produk baru untuk rumah, yang juga mencakup perangkat hub rumah dengan tampilan yang menyerupai iPad.

Topik Menarik