Sentuhan Ajaib Shin Tae-yong Dua Kali Antar Timnas Indonesia Paling Produktif di Peringkat FIFA

Sentuhan Ajaib Shin Tae-yong Dua Kali Antar Timnas Indonesia Paling Produktif di Peringkat FIFA

Terkini | okezone | Jum'at, 5 April 2024 - 15:57
share

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir usai berhasil memperbaiki peringkat FIFA Timnas Indonesia menjadi di urutan 134 dunia. Berkat sentuhan ajaib Shin Tae-yong itu juga, dua kali Timnas Indonesia menjadi tim paling produktif di peringkat FIFA.

Sebelumnya di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2021 lalu, Timnas Indonesia meraih poin yang cukup besar, yakni sampai 28,56 poin. Hasil itu diraih usai Timnas Indonesia menang 2-1 dan 3-0 atas Taiwan di turnamen tersebut.

Penambahan 28,56 poin itu menjadi Timnas Indonesia sebagai tim dengan penambahan poin terbesar di dunia dalam periode Oktober 2021 lalu tersebut. Skuad Garuda juga dinobatkan sebagai negara dengan kenaikan posisi paling tinggi dalam periode tersebut, yakni naik 10 peringkat.

Hebatnya, status Timnas Indonesia sebagai tim paling produktif di peringkat FIFA itu kembali terjadi pada periode 18-26 Maret 2024. Berkat dua kemenangan atas Vietnam di laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Garuda kembali menorehkan hasil yang luar biasa.

Timnas Indonesia meraih banyak poin usai menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada 21 Maret menang 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret 2024. Berkat dua kemenangan itu, pasukan Shin Tae-yong meraup 30,04 poin.

Tambahan 30,04 poin itu menjadikan Timnas Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tim dengan penambahan poin terbesar di ranking FIFA. Begitu juga menjadi tim dengan lonjakan posisi terbesar usai naik delapan peringkat.

Topik Menarik