56 Siswa SMK IDN Boarding School Backpacker ke 20 Negara, Bagikan Ilmu IT di Arab Saudi

56 Siswa SMK IDN Boarding School Backpacker ke 20 Negara, Bagikan Ilmu IT di Arab Saudi

Terkini | bogor.inews.id | Jum'at, 5 April 2024 - 13:20
share

BOGOR, NewsBogor.id - Sejumlah 56 siswa dan santri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islamic Development Network (IDN) Boarding School, Sentul, Bogor, Jawa Barat, meluncurkan program backpacker ke 20 negara.

Tak hanya mencari pengalaman akademis, para santri yang ahli dalam bidang IT di Indonesia ini juga berbagi ilmu kepada mahasiswa di luar negeri, seperti di Riyadh dan Jeddah, Arab Saudi.

Mereka tidak hanya mahir dalam pemrograman dan pembuatan robot, tetapi juga bersedia membagikan pengetahuan mereka kepada yang berminat. Keahlian ini membawa mereka mendapatkan sertifikasi IT internasional.

Menurut Ustaz Sapriadi, Pendamping Kepala Sekolah IDN Boarding School Backpacker, program ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa dalam hal pengelolaan diri sehari-hari.

"Kegiatan kami di luar negeri melibatkan kunjungan ke kedutaan besar Republik Indonesia, kampus bergengsi, masjid, dan tempat-tempat bersejarah di negara yang kami kunjungi. Misalnya, saat kami mengunjungi Hagia Sophia di Turki," ungkap Ustaz Sapriadi dalam keterangannya kepada iNewsBogor.id, Jumat (5/4).

Program Backpacker ini telah berlangsung selama 2 sesi, dengan tujuan ke berbagai negara seperti India, Pakistan, Saudi Arabia, Yordania, dan lainnya. Total peserta terdiri dari 56 siswa dan 8 guru pendamping.

Kegiatan belajar mengajar berlangsung sebagaimana biasa, dengan fokus pada mata pelajaran seperti IT, Diniyyah, Bahasa Inggris, dan Tahfidz Alquran. Namun, Sabtu dan Ahad dialokasikan untuk kunjungan ke berbagai tempat menarik dan wisata bersejarah.


SMK IDN Boarding School berbagi ilmu di Arab Saudi. Foto: Istimewa

Menurut Athalla Dienegoro, salah satu siswa yang ikut dalam program Backpacker, pengalaman ini tidak hanya memperkaya pengetahuan mereka, tetapi juga membangun mental dan karakter.

"Kami bangga bisa mengunjungi negara-negara menarik seperti India dan Pakistan, serta merasakan sensasi perjalanan darat di sepanjang Himalaya," ujarnya.

Selama program ini, setiap siswa wajib membuat minimal satu buku dan vlog yang akan diunggah ke akun Instagram mereka. Ini menjadi tantangan tersendiri yang membutuhkan keberanian untuk berbagi pengalaman di depan kamera.

Saat ini, para siswa sedang fokus pada ibadah umrah dan i'tikaf di Masjidil Haram, Makkah, Saudi Arabia, sebelum melanjutkan perjalanan ke Yordania.

Program ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga memperluas wawasan dan memperkaya pengetahuan para siswa IDN Boarding School.

Topik Menarik