KKB Lepaskan Tembakan di Mile 69 Kali Kuluk, Warga Ketakutan Berlari ke Arah Utikini

KKB Lepaskan Tembakan di Mile 69 Kali Kuluk, Warga Ketakutan Berlari ke Arah Utikini

Terkini | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 03:17
share

JAKARTA, iNews.id - Letusan senjata di area Mile 69 Kali Kuluk, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua menimbulkan kepanikan di sekitar lokasi. Para pendulang yang merupakan warga setempat (Orang Asli Papua) lari ketakutan ke arah Utikini.

Situasi ini kemudian direspons oleh aparat gabungan TNI-Polri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz hingga kontak tembak pecah dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Dalam kontak tembak ini dua orang dari KKB tewas.

"Keberhasilan aparat keamanan Gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB," ujar Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024).

Dia menyampaikan, bukan hanya menwaskan dua orang dari KKB dalam kontak tembak tersebut. Aparat gabungan, kata dia juga menyita sepucuk senjata api jenis pistol milik KKB.

Menurutnya, salah satu KKB yang tewas merupakan pentolan kelompok tersebut bernama Abubakar Kogoya. "Kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua," ucapnya.

Topik Menarik