3 Doa Malam Lailatul Qadar, Lengkap dengan Bacaan Dzikir Arab, Latin & Artinya

3 Doa Malam Lailatul Qadar, Lengkap dengan Bacaan Dzikir Arab, Latin & Artinya

Terkini | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 01:30
share

JAKARTA, iNews.id - Bacaan doa malam Lailatul Qadar untuk muslim amalkan agar mendapat ampunan di Bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan.

Lailatul Qadar adalah malam mulia yang tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Alquran serta karena ia menjadi titik tolak dari segala kemuliaan yang dapat diraih.

Salah satu amalan pada malam Lailatul Qadar yakni banyak berdzikir dengan berdoa. Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

Artinya: Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu.

Dalam hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan kepada umatnya untuk mencari lailatul qadar di 10 hari terakhir Ramadhan. Diriwayatkan dari Jabir ibnu Abdullah, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Artinya: Sesungguhnya aku telah melihat malam Lailatul Qadar, lalu aku dijadikan lupa kepadanya; malam Lailatul Qadar itu ada pada 10 hari terakhir (bulan Ramadan), pertandanya ialah cerah dan terang, suhunya tidak panas dan tidak pula dingin, seakan-akan padanya terdapat rembulan; setan tidak dapat keluar di malam itu hingga pagi harinya.

Dilansir dari Buku Jaminan Mendapat Lailatul Qadar karya Dr Ahmad Sarwat MA, Malam Lailatul Qadar memiliki banyak makna. Sebagian ulama mengartikan malam lailatul Qadar adalah malam mulia tiada bandingannya. Malam itu mulia karena turunnya Alquran. Pendapat kedua, malam Lailatul Qadar adalah malam kesempitan karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi pada malam itu.

Ibnu Qudamah dalam Kitab Al Mughni mengartikan Malam Lailatul Qadar sebagai malam penetapan karena Allah menetapkan segala sesuatu untuk tahun itu baik hal-hal yang terkait dengan keburukaan atau keburukan termasuk urusan rezeki.

Karena itu, muslim dianjurkan untuk banyak berdoa agar mendapat ampunan dan kemuliaan dari lailatul Qadar di Bulan Ramadhan. Lantasi, bagaimana redaksi doa di malam Lailatul Qadar? Simak bacaan doanya berikut ini:

Doa Malam LailatuL Qadar

1. Membaca Doa Allahumma Innaka Afuwuun

Latin: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni
Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, dan Engkau senang memberi ampun, maka ampunilah aku."

2. Doa Permohonan Ridha dan Ampunan

.

Latin: Allahumma innaa nas'aluka ridhaaka wal jannah wa na'udzubika min sakhathika wa naaar allaahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annaa.

Artinya: Ya Allah, kami memohon keridhoan-Mu dan Surga dan kami berlindung kepada Mu dari murka dan siksaan api neraka.. Ya Allah sesungguhnya engkau maha pemaan dan maha pemudah, ENgkau menyukai ampunan maka maafkanlah kami.

3. Membaca Doa Keselamatan

Latin: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam
Artinya, Aku memohon ampun kepada Allah. (3x) Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera,dan dari-Mu kesejahteraan. Maha Suci Engkau, wahai Rabb Pemilik keagungan dan kemuliaan.

Bacaan Dzikir di Malam Lailatul Qadar

1. Membaca Istighfar 3X

Astagfirullohal azhiim mingkulli dzanbil adhiim la yaghfirudzdzunuuba illaa anta faghfirlanaa maghfirotan min indik warhamnaa innaka antal ghofuurur Rohiim ...3 x

Astaghfirullohal'azhiim, ........70 x

2. Membaca Tahlil

Laa Illaha Illa Allah, Wahdahu laa Syarikalahu, Lahul Mulku Wa lahul Khamdu wa huwa hayyun daa-imun Laa yaa muutu Biyadihil Khair, wa Huwa ala Kulli syai-in Qodir. . 33 x.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya semua kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Dia zat yang Mahahidup dan tidak akan pernah mati. Di kekuasan-Nya segala kebajikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

3. Membaca Syahadat

Latin: Asyhadu alla ilaaha illallah, astaghfirullah as aluka ridhooka wal jannah wa a'udzubika minsakhathika wannaar

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu."

4. Membaca Tasbih, Tahmid dan Takbir

Latin: Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar
Artinya, Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

Itulah doa di Malam lailatul Qadar lengkap dengan bacaan dzikirnya untuk muslim amalkan agar mendapat ampunan dan kemuliaan di Bulan Ramadhan.

Wallahu A'lam

Topik Menarik