Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan Pantau Langsung Layanan Jemput Bola Adminduk di Plaza Asia

Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan Pantau Langsung Layanan Jemput Bola Adminduk di Plaza Asia

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 20:41
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan pantau langsung kegiatan jemput bola pembuatan Administrai Kependudukan (Adminduk) masyarakat yang dilakukan Disdukcapil di Plaza Asia Tasikmalaya, Kamis (4/4/2024).

Program dengan nama Ramadhan On The Spot yang dilakukan Disdukcapil Kota Tasikmalaya itu bukan kali pertama digelar, pasalnya program tersebut sudah berjalan sejak awal bulan suci Ramadhan.

Ivan Dicksan didampingi Asisten Daerah (Asda) 1, Pemkot Tasikmalaya Bagian Pemerintahan dan Kesra, Riza Setiawan, mendapat sambutan hangat dari para pengunjung Plaza Asia Tasikmalaya.

"Disdukcapil menjemput bola untuk melayani kelengkapan Adminduk masyarakat. Ini kan juga kadang masyarakat paham mereka butuh, KTP sudah kedaluarsa, KK belum di-update, tapi belum sempat ke dinas. Kesibukan lain-lain. Maka Disduk inisiasi jemput bola ke tempat yang jadi titik kunjungan publik," kata Ivan.

Menurutnya, pelayanan Adminiduk Masyarakat yang dilakukan Disdukcapil dengan jemput bola semakin memudahkan masyarakat dalam membuat berbagai administrasi kependudukan.

"Kemarin di Masjid Agung sekarang di Plaza Asia sekalian ngabuburit bisa urus Adminduk. Saya beberapa kali ikuti on the spot, ini efektif. Masyarakat memang yang tidak niat teringat bisa langsung urus. Praktis mendekatkan ke warga. Kita dorong ini kontinyu memudahkan warga akses layanan Adminduk," ujarnya.

Ivan pun mengajak kepada masyarakat yang belum melakukan aktivasi KTP elektronik ke digital untuk segera mengupgrade hal tersebut. Pasalnya, dengan KTP Digital memudahkan masyarakat.

"Kami ajak masyarakat mengupdate dokumen kependudukannya. KTP elektronik, itu kan bisa ada di HP. Tak repot didompet segala macam. Ke depan semua jadi singel identity. Sekarang NIK diintegrasikan dengan NPWP, nanti dengan lainnya. Semoga warga semakin terbangun kesadaran dan terlayani," tandas Ivan.

Pasangan suami istri (pasutri) warga Jalan RSUD dr.Soekardjo, Cintarasa, Kecamatan Tawang, Ivan Nurul Hidayat (27) dan Meila (27) mengungkapkan, bahwa hadirnya program jemput bola yang dilakukan Disdukcapil Kota Tasikmalaya memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam nengurus aktivasi kependudukan.

"Untuk saya sih merasa prosesnya cepat dan semakin positif dalam melayani masyarakat, jadi sangat terbantu. Kalau ke kantor kan terlalu ramai ya, kalau di sini cepat ya kurang lebih sejam," kata Ivan didampingi istrinya Meila.

Pada kesempatan tersebut, Ivan mengurus Kartu Keluarga (KK) dan KTP dirinya yang dimutasi dari Tanggerang ke Kota Tasikmalaya.

"Pembuatan KTP sama KK sih. Untuk saya pribadi sih mutasi dari Tanggerang ke Kota Tasikmalaya," tuturnya.

Ivan pun tak menyangka, di akhir proses pembuatan Adminduk, pihaknya mendapatkan paket sembako dari Disdukcapil Kota Tasikmalaya yang diserahkan langsung oleh Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan.

"Saya terus terang gak nyangka juga baru datang jadi warga Kota Tasikmalaya langsung ketemu pak Sekda juga," pungkasnya.

Topik Menarik