Layani Pemudik Lebaran 2024, ASDP Siapkan 7 Dermaga di Pelabuhan Merak

Layani Pemudik Lebaran 2024, ASDP Siapkan 7 Dermaga di Pelabuhan Merak

Terkini | pandeglang.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 19:20
share

MERAK, iNewsPandeglang.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan 7 dermaga di Pelabuhan Merak untuk melayani pemudik selama musim Lebaran 2024. Dari 7 dermaga tersebut, satu di antaranya akan khusus digunakan untuk kapal ekspres, sementara yang lainnya akan melayani kapal reguler. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan selama proses perjalanan pemudik.


General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Suhartoyo. Foto Iskandar Nasution

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak, Suharto menyatakan bahwa ASDP telah menyiapkan total 7 dermaga di Pelabuhan Merak untuk melayani pemudik. Hal ini memungkinkan semua kapal besar untuk bersandar di Pelabuhan Merak meningkatkan daya angkut dan daya serap parkiran

"Terdapat total 7 dermaga yang siap dioperasikan di Pelabuhan Merak, dengan satu dermaga khusus untuk kapal ekspres dan enam dermaga lainnya untuk kapal reguler," katanya kepada wartawan, Rabu (3/4/2024).

Menurutnya, seluruh dermaga di Pelabuhan Merak telah ditingkatkan kapasitasnya sehingga dapat menampung kapal-kapal besar dengan muatan lebih banyak. Peningkatan kapasitas muatan tersebut diharapkan dapat mengurangi kepadatan penumpang dan kendaraan yang terparkir di area pelabuhan.

"Terjadi peningkatan kapasitas dermaga, di mana dermaga yang sebelumnya hanya bisa disandari oleh kapal-kapal di bawah 5.000, kini dapat disandari oleh kapal di atas 10.000," ujarnya

Selain itu lanjut Suharto, ketika terjadi kepadatan di dalam pelabuhan, BPTD akan mengerahkan kapal-kapal besar untuk disandarkan di ketujuh dermaga, sehingga daya angkut dan daya serap parkiran akan lebih optimal.

Sebagai langkah untuk meningkatkan keamanan, PT ASDP telah memasang ratusan CCTV di seluruh area pelabuhan, terutama area umum, untuk memudahkan pengawasan.

"Pemasangan CCTV di seluruh area pelabuhan berjumlah 146 dan khususnya area umum, bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan memudahkan pengawasan. Dengan persiapan ini, diharapkan pelayanan kepada para pemudik dapat lebih optimal dan aman selama angkutan Lebaran tahun ini," pungkasnya.

Topik Menarik