Jelang Lebaran 2024, Tipidter Polres Padangsidimpuan Bersama Dinas terkait lakukan Pengecekan SPBU

Jelang Lebaran 2024, Tipidter Polres Padangsidimpuan Bersama Dinas terkait lakukan Pengecekan SPBU

Terkini | medan.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 14:30
share

Padangsidimpuan, iNewsMedan.id - Kanit Tipidter sat Reskrim Polres Padangsidimpuan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat kembali mendatangi sejumlah SPBU untuk melakukan monitoring stok bahan bakar minyak (BBM). jelang lebaran 2024 di Kota padangsidimpuan , Rabu, (3/4/2024).

Pengecekan dilakukan oleh tim pada dua lokasi SPBU, antara lain SPBU 14.227.316 Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan SPBU 14.227.312, Jalan Tengku Rizal Nurdin Km 09 Padangsidimpuan Tenggara.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, SH, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim AKP Maria Marpaung SE. MM Kepada Wartawan mengatakan bahwa pengecekan tersebut dilakukan guna mengantisipasi kelangkaan BBM jelang lebaran 2024.

"Kegiatan pengecekan dan pengawasan SPBU itu untuk mengantisipasi kelangkaan dan penimbunan BBM menjelang Hari raya Idul fitri 1445 Hijriah tahun 2024 di kota Padangsidimpuan," ujar Maria Marpaung.

AKP Maria Marpaung juga melakukan pengecekan di SPBU lainnya dengan nomor 14.227.316 di Jalan Imam Bonjol. Ia mengatakan bahwa pihaknya bersama dinas terkait sempat melakukan pengujian nozzle pada 6 unit.

"Kami bersama dinas terkait melakukan pengujian Nozzle 6 Unit dengan hasil pengukuran yang masih dibatas toleransi kesalahan yang diijinkan (BKD) yaitu -10 ml, -10 ml, +10 ml, -15 ml, -10 ml, -20ml. Dan Pengujian dilakukan terhadap 4 (empat) jenis Bahan Bakar Minyak, yaitu Bio Solar, Dexlite, Pertalite dan Pertamax, jelas AKP Maria Marpaung.

"Sementara di SPBU 14.227.312, Jalan Tengku Rizal Nurdin Km 09 Padangsidimpuan Tenggara Pihaknya bersama tim juga melakukan pengujian nozzle sebanyak 6 unit dengan hasil pengukuran yang masih dibatas toleransi kesalahan yang diijinkan (BKD) yaitu -40 ml, -90 ml, +10 ml, -65 ml, -90 ml, +20ml. Dan Pengujian dilakukan terhadap 4 (empat) jenis Bahan Bakar Minyak, yaitu Bio Solar, Dexlite, Pertalite dan Pertamax, tambah Kasat Reskrim itu.

Setelah dilakukan pengujian Nozzle pompa BBM terhadap kedua SPBU tersebut, dilanjutkan dengan pengukuran Density dan Suhu cairan. Kegiatan pengawasan diakhiri dengan melihat apakah terdapat kadar air di dalam tangki penyimpanan BBM.

Pengawasan dan pengamatan yang dilakukan, tidak ditemukan adanya bahan cair lain pada tangki penyimpanan BBM, terangnya.

Dari hasil monitoring yang dilakukan terhadap kedua SPBU tetap menyediakan semua jenis BBM, mulai dari Bio Solar, Dexlite, Pertalite dan Pertamax.

Kasat menyampaikan bahwa pihaknya belum menemukan penyimpangan ataupun kecurangan dari SPBU terkait peralatan mesin pengisian BBM.

Kami belum menemukan praktek menyimpang maupun kecurangan pada peralatan mesin BBM, terangnya.

Pihak Polres Padangsidimpuan juga akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku jika ditemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh SPBU saat pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2024 kepada masyarakat.

Hingga saat ini, situasi Kamtibmas menjelang lebaran di Kota Padangsidimpuan aman dan kondusif," tutupnya maria.

Topik Menarik