Menko PMK Ingatkan Pemudik Pastikan Saldo e-Toll Aman, Jangan Sampai Tekor

Menko PMK Ingatkan Pemudik Pastikan Saldo e-Toll Aman, Jangan Sampai Tekor

Terkini | inews | Kamis, 4 April 2024 - 11:56
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan para pemudik yang akan menggunakan jalan tol untuk memastikan saldo e-Toll aman. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan perjalanan.

Perlu saya tekankan kepada para pemudik, pastikan betul bahwa saldo di e-Toll-nya aman, penuh. Jangan sampai ketika mau masuk di tol ternyata saldonya tekor dan ini akan sangat mengganggu perjalanan yang lain, kata Muhadjir di KM 29 Posko Command Center Korlantas, Kamis (4/4/2024).

Pasalnya, jika pemudik kehabisan saldo e-Toll, hal ini akan menghambat pengendara lain yang akan melewati gerbang tol dan menyebabkan antrean panjang.

Selain itu, Muhadjir juga mengingatkan pengemudi untuk bergantian saat berkendara untuk mencegah kelelahan.

Kemudian yang kedua, usahakan ada pengemudi cadangan sehingga bisa bergantian. Jangan dipaksakan hanya satu pengemudi, sehingga perjalanannya bisa rawan, tuturnya.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga mengingatkan para pemudik yang menggunakan jalur tol untuk tidak parkir di bahu jalan dengan alasan apapun, kecuali darurat.

Yang saya ingatkan juga adalah jangan sekali-sekali memanfaatkan bahu jalan untuk parkir, apapun alasannya, katanya.

Karena itu, kecelakaan yang paling banyak terjadi adalah ketika ada kendaraan yang parkir di bahu jalan dan diseruduk dari belakang. Kalau yang menabrak itu kendaraan kecil mungkin tidak terlalu berisiko, tapi kalau yang menabrak itu kendaraan besar, itu yang berisiko, ujar Muhadjir.

Topik Menarik