KSOP Banten Siapkan 3 Pelabuhan dan 16 armada kapal untuk Angkutan Lebaran 2024

KSOP Banten Siapkan 3 Pelabuhan dan 16 armada kapal untuk Angkutan Lebaran 2024

Terkini | banten.inews.id | Rabu, 3 April 2024 - 04:00
share

CILEGON , iNewsBanten - Dalam rangka persiapan pembukaan Pelabuhan Pelindo Regional 2 Ciwandan untuk angkutan lebaran tahun 2024, KSOP Kelas I Banten bersama seluruh stakeholder bersinergi dan kolaborasi melakukan pengecekan secara langsung jalur mudik kendaraan roda 2 dengan mengendarai motor bersama dari Serang menuju Jalur lintas Selatan Cilegon hingga pelabuhan Pelindo Ciwandan. Pengecekan ini sekaligus memeriksa dan memastikan bahwa jalur rute kendaraan aman untuk dilalui masyarakat. Kemudian juga melakukan pengecekan jalur antrian tiket kendaraan roda 2 pemudik hingga naik ke atas kapal Ferry penyeberangan. Selasa (2/4/2024)

"Kita pastikan besok Pelabuhan Ciwandan dan BBJ dapat berfungsi dengan baik untuk melayani pemudik khususnya pemudik dengan kendaraan roda 2 dengan tujuan bakauheni dan satu kapal tujuan panjang, untuk angkutan lebaran tahun ini kita akan fungsikan 3 pelabuhan dan 16 armada kapal ujar Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten, Brigjen Pol Capt. Hermanta, MH, MM, M.Mar saat mengecek jalur rute kendaraan roda 2 dan sekaligus memantau Uji Coba sandar kapal KMP Kumala di Dermaga 7 Pelindo II Ciwandan.

Mengacu pada keberhasilan Operasi Angkutan Lebaran tahun 2023 dan menjelang puncak arus mudik tahun 2024 KSOP Banten telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pemudik di lintas Merak-Bakauheni.

KSOP Kelas I Banten juga memaksimalkan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara tanggal 26 Maret sampai dengan 26 April 2024 dan akan membuka Pelabuhan Pelindo Ciwandan pada tanggal 3 April sampai dengan 10 April 2024

KSOP Kelas I Banten juga menyampaikan kesiapan armada kapal sebanyak 10 kapal yang akan dioperasikan di pelabuhan Ciwandan (10 kapal rute Ciwandan Bakauheni dan 1 Kapal Ciwandan Panjang) dan 6 kapal di Pelabuhan Bojonegara dengan rute Bojonegara Bakauheni .

KSOP Kelas I Banten memprediksi Puncak Arus Mudik akan terjadi pada tanggal 6 April sampai dengan 8 April 2024 bertepatan Cuti Bersama libur Idul Fitri 2024 dan Prediksi Puncak Arus Balik akan terjadi pada tanggal 13 April sampai dengan 15 April 2024.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan untuk angkutan lebaran tahun ini agar kita selalu melakukan pelayanan yang terbaik bagi pemudik sesuai dengan tagline mudik tahun ini yaitu Mudik Ceria Penuh Makna, jadi mudik ceria bukan yang mudik saja ceria kita juga harus ceria." ungkapnya.

Tidak hanya itu, pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini KSOP Kls I Banten juga menyiapkan 1 pelabuhan tambahan yang akan difungsikan jika ada pengalihan dari pelabuhan BBJ yaitu Pelabuhan Indah Kiat yang dapat menampung sekitar 500 kendaraan kecil.

Kita akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua pihak agar angkutan lebaran tahun ini di lintas Merak-Bakauheni berjalan lancar dan sukses seperti tahun lalu serta memastikan saudara-saudara kita yang melakukan mudik tahun ini dalam kondisi aman, selamat dan nyaman." tutupnya.

Kegiatan pengecekan jalur rute pemudik kendaraan roda 2 ini dihadiri dan diikuti oleh Dirlantas Polda Banten beserta jajaran, Kepala KSOP Banten beserta jajaran, Kepala BPTD Banten, GM PT Pelindo Banten, GM PT ASDP Cabang Merak, GAPASDAP Banten.

Topik Menarik