Bandara Juanda Siaga Sambut Lonjakan Penumpang di Mudik Lebaran 2024

Bandara Juanda Siaga Sambut Lonjakan Penumpang di Mudik Lebaran 2024

Terkini | sidoarjo.inews.id | Selasa, 2 April 2024 - 18:40
share

SIDOARJO, iNews.id - Bandara Internasional Juanda bersiap menyambut lonjakan penumpang di momen mudik Lebaran 2024. Posko Angkutan Udara resmi didirikan di Terminal 1 dan 2 untuk memantau arus mudik dan balik yang diperkirakan dimulai dari 6 hingga 15 April 2024.

General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar, mengatakan posko ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap libur panjang Lebaran.

"Posko ini diharapkan dapat mengendalikan dan menciptakan penyelenggaraan angkutan udara yang selamat, aman, nyaman, tertib, lancar dan teratur," ujar Sisyani. Selasa, (2/4/2024).

Posko Angkutan Udara Libur Lebaran 2024 akan beroperasi selama 16 hari, mulai 3 April (H-8) hingga 18 April 2024 (H+6).

Bandara Juanda bekerja sama dengan Satgaspam TNI AL dan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Surabaya dalam pelaksanaannya.

Koordinasi intensif juga dilakukan dengan berbagai stakeholder terkait, seperti Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Lanudal Juanda, Perum LPPNPI, airlines, ground handling, Basarnas, BMKG dan CIQ.

Sisyani memprediksi puncak arus kepadatan penumpang terjadi pada H-5 (6 April) dan puncak arus balik pada H+3 (15 April).

"Puncak pergerakan pesawat pada arus mudik diprediksi pada H-5 dan arus balik pada H+3. Sedangkan puncak pengiriman kargo pesawat pada arus mudik diprediksi pada H-8 dan arus balik pada H+6," jelasnya.

Saat ini, terdapat 6 maskapai yang telah mengajukan ekstra flight selama periode libur Lebaran, dengan total 496 flight. Sisyani menghimbau calon penumpang untuk memperhatikan waktu penerbangan, terutama pada puncak arus mudik.

"Datanglah lebih awal untuk kenyamanan. Bagi yang tidak membawa bagasi, manfaatkan Check In Mandiri yang tersedia," imbaunya.

Topik Menarik